Bagikan:

YOGYAKARTA - Sippy cup adalah gelas atau cangkir yang diproduksi dengan rancangan khusus untuk anak balita yang didesain agar tidak mudah tumpah. Gelas ini mempunyai moncong pipih yang mempunyai beberapa lubang dan umumnya dilengkapi dengan gagang agar mudah dipegang. Pada umumnya, gelas sippy cup berbahan dasar plastik dengan beragam ukuran serta desain dan warna yang menarik.

Apa Manfaat Melatih Anak Minum dengan Sippy Cup

Seiring dengan tumbuh kembangnya, anak harus dilatih agar bisa makan dan minum secara mandiri. Salah satu cara untuk mengasah keterampilan makan dan minum anak yaitu dengan mengenalkannya pada sippy cup.

Penggunaan gelas ini bertujuan untuk melatih anak agar bisa minum secara mandiri dengan gelas tanpa menumpahkan isinya. Hal ini bermanfaat untuk mengalihkan kebiasaan menyusu anak pada payudara ibu atau botol susu ke kebiasaan minum yang baru menggunakan gelas biasa.

Manfaat lainnya, melatih anak minum dari sippy cup juga dapat merangsang kemampuan motorik anak, khususnya kemampuan menggerakkan tangan dan mulut secara bersamaan. Dengan latihan tersebut, anak akan terbiasa minum dari gelasnya sendiri, sehingga kebiasaan minum dengan botol susu dapat dikurangi secara perlahan.

Sippy Cup untuk Usia Berapa?

Pada umumnya, seorang anak sudah bisa mulai diajari untuk menggunakan sippy cup saat usianya mencapai 6 bulan atau ketika ia sudah dapat diberikan makanan padat atau MPASI.

Namun, tidak semua anak siap atau mau menggunakan sippy cup. Jika ia belum ingin menggunakan gelas isap tersebut, Anda dapat mencoba melatihnya menggunakan sippy cup kembali beberapa bulan kemudian, contohnya ketika Si Kecil sudah berusia 9 atau 12 bulan.

Sippy cup untuk usia berapa? (Pixabay)

Tips yang Bisa Dilakukan agar Anak Terbiasa Minum dengan Sippy Cup

Agar Si Kecil terbiasa minum dengan sippy cup, Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini:

Gunakan sippy cup khusus untuk pemula

Pada tahap awal, Anda dapat memberikan Si Kecil gelas isap khusus untuk bayi pemula. Gelas isap ini umumnya mempunyai moncong yang lunak, lentur, dan lembut. Tekstur corong jenis ini akan membuat bayi lebih tertarik mengisapnya karena serupa dengan puting susu ibu.

Selain itu, sippy cup khusus untuk bayi yang baru belajar umumnya berukuran kecil dengan pegangan plastik yang tidak licin. Hal ini untuk memudahkan anak memegang cangkir itu sendiri.

Ajari anak cara menggunakannya

Anak adalah peniru ulung. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mengajarkan Si Kecil yaitu dengan memberinya contoh. Anda dapat menunjukkan kepada Si Kecil bagaimana cara memegang, mengangkat, dan mengarahkan sippy cup ke mulut.

Agar Si Kecil tidak tersedak, Anda dapat membantunya memiringkan gelas dengan perlahan sehingga Si Kecil dapat meminum isi dari gelas sippy cup.

Latih anak secara rutin

Agar Si Kecil terbiasa menggunakan sippy cup, Anda perlu membiasakannya untuk menggunakan gelas tersebut secara rutin. Misalnya dengan menciptakan suasana yang menyenangkan saat memberikan Si Kecil sippy cup, contohnya saat menonton film kesukaannya.

Jangan lupa memberikan pujian pada anak atau sekedar tepuk tangan ketika ia berhasil minum dari sippy cup.

Bila Si Kecil terlihat tidak nyaman atau belum bisa menggunakan sippy cup dengan baik, tidak perlu merasa berkecil hati. Anda dapat mencobanya di lain waktu dan lakukan secara berulang hingga Si Kecil bisa dan mau menggunakan sippy cup.

Demikianlah ulasan tentang penggunaan sippy cup bagi anak. Semoga bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.