Cara Membentuk Otot Dada Tanpa Alat: Super Praktis dan efektif
Cara Membentuk Otot Dada Tanpa Alat (Gambar Fortune Vieyra-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Punya bentuk tubuh yang ideal tentunya merupakan harapan dari semua orang. Tak hanya perempuan saja, namun laki-laki pun amat mengidam-idamkannya. Apalagi masalah otot dada. Kali ini kita akan mencari solusi terkait cara membentuk otot dada tanpa alat yang efektif. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Kebanyakan orang ingin memiliki otot dada yang atletis, namun kendalanya adalah malas. Membentuk otot dada itu identik harus menggunakan alat kusus dan pergi ke Gym. Padahal kita bisa melatihnya tanpa alat dan dirumah saja loh. Seperti apa olahraganya?

Cara Membentuk Otot Dada Tanpa Alat

1. Push-up

Olahraga ini sempurna buat melatih otot dada sebab rangkaian gerakannya melatih banyak otot di bagian atas, yakni otot dada, otot lengan, otot perut serta punggung. Jika plank gunanya menguatkan, kalian dapat merasakan kontraksi otot yang lebih dengan gerakan push-up.

Mulai perlahan dengan push-up di tembok, incline dengan memakai kursi, kemudian coba di lantai. Letakkan tangan selebar bahu, turun perlahan dengan posisi diagonal 90 derajat ke arah luar. Jalani 5,10, sampai 15 repetisi secara progresif.

2. Plank

Jika Kalian baru memulai, coba awali dari gerakan paling simpel, yakni plank. Kalian dapat mulai dari forearm plank ataupun full plank. Gerakan ini bakal melatih otot dada, lengan, serta punggung. Mulai dari plank sepanjang 30 detik sampai 1 menit selama 10 set dalam sehari buat persiapan push-up.

3. Weighted Push-Up

Metode membentuk otot dada selanjutnya yaitu dengan weighted push up. Gerakan ini sama dengan push-up. Yang membedakannya ialah ekstra beban di atas punggung.

Ingat, buat membentuk otot, kalian wajib menerapkan latihan beban progresif. Sehabis kokoh melaksanakan push-up, kalian bisa mencobanya dengan memasukkan buku seperti kamus ataupun botol air minum ke dalam tas ransel, kemudian pakai saat push-up.

4. Rotation Push- Up

Dengan gerakan dasar push-up, latihan beban ini pula sangat efisien buat membentuk otot dada. Yang membedakannya dengan push-up biasa yakni gerakan tangan saat naik-turun dicoba secara bergantian; kanan serta kiri. mula-mula, posisikan badan pada posisi push-up. Sehabis melaksanakan satu push-up, angkat satu tangan ke atas serta jaga keseimbangan. Jalani metode melatih otot dada ini bergantian selama 1 menit.

5. Pull-up

Buat gerakan ini, kalian butuh media yang dapat dipasang di pintu. Ini merupakan gerakan paling lengkap buat melatih badan bagian atas, sebab buat menyelesaikannya, kalian butuh memakai otot bahu, punggung, perut serta dada.

Metode membentuk otot dada ini sangat efisien tetapi latihannya emang sangat susah dilakukan. Posisikan tangan selebar bahu dengan menggenggam pull-up dengan erat. Mulai dengan bergantungan selama yang kalian mampu. Ketika telah kuat, kencangkan perut, kemudian naikkan badan sampai dada sejajar dengan bar dengan memakai otot lengan. Tahan di atas serta jalani metode membentuk dada ini sebanyak 10 kali repetisi sebanyak 3 set.

6. Commando Push-Up

Posisikan tubuh dalam forearm plank. Pertama, angkat satu tangan serta letakkan telapak tangan di posisi yang sama dengan siku, kemudian lanjutkan dengan tangan sebelahnya. Kedua, kembalikan posisi jadi forearm plank dengan meletakkan lengan secara bergantian. Jalani sepanjang 1 menit tanpa berhenti, ulangi 4 kali. Dipastikan keringet banjir kayak lagi latihan kardio!

Apakah Boleh Melatih Otot Dada Tiap Hari?

Jika kalian termasuk pemula, disarankan buat berikan sela waktu ketika kalian lagi ingin melakukan banyak gerakan melatih otot dada. Jika kalian membesarkan otot dada tiap hari tanpa memberikan waktu untuk otot buat pulih, bisa beresiko. Kalian bisa cedera otot serta overtraining!

Perlu diingat, cobalah buat melaksanakan latihan membesarkan otot dada masing-masing 2-3 hari sekali. Jika kalian udah terbiasa, boleh deh kalian jalani masing-masing 1-2 hari sekali.

Jadi setelah mengetahui cara membentuk otot dada tanpa alat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!