Cara Membesarkan Otot Dada Secara Efektif, Simpel dan Cepat
Ilustrasi otot dada (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara membesarkan otot dada sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun Anda bisa memilih jalan paling efektif, simpel dan cepat agar mudah terbentuk. Cara tersebut bahkan bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus pergi ke gym. Banyak olahraga untuk menjaga massa otot sekaligus membentuk otot di area dada dan tubuh atas.

Cara Membesarkan Otot Dada

Untuk membesarkan otot dada, Anda harus melakukan gerakan olahraga tertentu yang membantu membesarkan massa otot di area dada. Dari sekian olahraga, gerakan berikut ini cukup efektif serta mudah dilakukan serta memberikan efek yang cepat. Gerakan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Push-up

Anda tentu tahu betul bahwa gerakan push-up sangat membantu memperbesar massa otot di area dada. Bahkan, gerakan ini sangat dianjurka oleh atlet yang ingin membentuk otot di dada, pundak, lengan atas, bahkan perut. Anda disarankan melakukan push-up secara teratur dan bertahap. Usahakan untuk membuat variasi gerakan push-up lain agar tidak bosan dengan latihan ini.

  1. Weighted Push-Up

Gerakan ini menyerupai push-up, hanya saja Anda harus menambahkan beban di atas punggung secara bertahap. Tak perlu ke gym, Anda bisa menggunakan benda-benda di sekeliling Anda seperti botol berisi air, buku, dan sebagainya.

  1. Plank

Gerakan plank tidak hanya membantu membentuk otot perut namun juga dada. Plank sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan sembari berbaring. Saat plank, otot dada akan dilatih terus menerus hingga massa otot makin membesar.

  1. Bear Plank Shoulder Tap

Bear plank shoulder tap berbeda dengan plank biasanya. Caranya adalah dengan mengambil posisi plank dengan posisi tubuh menghadap ke lantai, namun dengan posisi kaki tertekuk sehingga posisi lutut dengan lantai jaraknya tidak terlalu jauh. Tahan posisi tersebut dengan gerakan tangan kanan menepuk pundak kiri dan tangan kiri menepuk pundak kanan secara bergantian. Gerakan ini membakar banyak kalori sekaligus membantu membentuk otot lengan, perut, dan dada. Anda bisa melakukan gerakan ini di atas matras agar saat lutut menghantam lantai tidak begitu sakit.

  1. Bench Dips

Secara umum bench dips adalah latihan yang dilakukan dengan cara menopang berat badan dengan posisi tangan di belakang bersandar pada bangku, lalu angkat badan dan turunkan secara bergantian seperti push-up. Tujuan gerakan ini adalah untuk membentuk otot khususnya di lengan, bahu, serta dada. Anda bisa melakukan gerakan ini dengan memanfaatkan kursi atau bangku yang tidak terlalu tinggi.

  1. Resistance Band Pull Over

Gerakan ini dilakukan dengan bantuan tali karet atau tali elastis yang biasa disebut band. Inti gerakan ini adalah gerakan menarik memanfaatkan berat tali yang ditahan menggunakan kaki. Tarik tali sekuat tenaga lalu lepas dengan perlahan. Lakukan gerakan ini secara konsisten untuk memperbesar massa otot dada.

Itulah informasi terkait cara membesarkan otot dada. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.