Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat melakukan gerakan peregangan otot, Anda harus melakukannya dengan benar agar tak membuat otot jadi luka atau mengalami peradangan. Melakukan peregangan secara sembarangan justru akan membuat otot mengalami masalah hingga membuat pergerakan terbatas. Kasus ini biasanya jadi penyebab atlet atau pemain cedera. Sebaliknya, melakukan peregangan dengan benar akan membantu melenturkan dan menjaga elastisitas otot.

Dikutip dari AI Care, peregangan akan membantu melindungi tubuh ketika melakukan aktivitas fisik dan menjaga otot tetap kuat dan sehat. Selain itu peregangan membantu menjaga gerak sendi dengan baik.

Gerakan Peregangan Otot

Ada banyak gerakan peregangan yang bisa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik. Gerakan ini tidak terlalu berat dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan peregangan bisa jadi salah satu olahraga pagi sebelum berangkat kerja. Contoh gerakan meregangkan otot adalah sebagai berikut.

  1. Cat-Cow

Gerakan ini menyerupai kebiasaan kucing yang meregangkan tubuh mereka saat berjalan. Cat-cow akan membantu meregangkan otot di beberapa tubuh, terutama otot punggung dan bahu. Caranya adalah dengan mengambil sikap rangkak, rentangkan tangan sedikit ke depan melebihi kepala. Tundukkan kepala ke arah lantai lalu regangkan punggung ke arah atas. Tahan gerakan ini selama sepuluh detik.

  1. Peregangan Dada

Seperti namanya, gerakan ini dilakukan untuk meregangkan otot di sekitar dada. Gerakan ini bisa dilakukan dengan posisi duduk atau berdiri. Yakni dengan merentangkan dua tangan ke arah belakang, kedua tangan usahakan saling menggenggam satu sama lain. Setelah itu gerakkan tangan ke arah atas secara perlahan. Tanah posisi tersebut selama 10 detik.

  1. Peregangan Bahu

Peregangan ini dilakukan untuk meregangkan otot di area bahu. Sangat disarankan untuk Anda yang akan melakukan aktivitas fisik melibatkan bahu dan lengan. Caranya cukup sederhana, berdiri dengan tegap lalu lipat tangan hingga bahu sesuai posisi tangan. Misalnya, regangkan tangan kanan dengan meregangkan tangan ke arah kanan depan dada. Hal ini berlaku juga sebaliknya.

  1. Child’s Pose

Gerakan ini membantu meredakan nyeri di punggung bawah serta menjaga kelenturan di area pinggang, bahu, perut, dan dada. Caranya adalah dengan mengambil sikap berlutut dan melebarkan lutut. Setelah itu regangkan tangan ke arah depan selama 10 detik. Anda akan merasakan beberapa otot tertarik.

  1. Single Knee to Chest

Gerakan ini bisa dilakukan dengan berbaring sehingga bisa dilakukan setelah bangun tidur. Manfaatnya adalah untuk meringankan otot yang kaku. Caranya mudah, setelah mengambil posisi berbaring, tarik lutut yang tertekuk hingga menyentuh dada. Gerakan ini bisa dilakukan secara bergantian dari lutut kakan lebih dulu baru lutut kiri. Tahan masing-masing gerakan selama 10 detik dengan dibarengi mengatur napas.

  1. Cobra Pose

Gerakan ini termasuk dalam olahraga yoga, namun bisa dimanfaatkan sebagai media peregangan otot. Seperti namanya, peregangan dilakukan menyerupai ular kobra yang membuka tudungnya. Cara melakukan cobra pose adalah dengan terlentang dan tangan ditempatkan di samping tubuh. Setelah itu gerakkan kepala dan dada ke arah atas hingga menjauhi lantai. Tahan gerakan ini selama 10 detik untuk memaksimalkan peregangan.

Itulah informasi terkait gerakan peregangan otot. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.