Olahraga Membentuk Otot Lengan yang Bikin Tangan Kekar dalam Sekejap
Ilustrasi olahraga membentuk otot lengan (Unsplash/@fortunevieyra)

Bagikan:

YOGYAKATA - Otot lengan menjadi salah satu komponen tubuh yang wajib dijaga bahkan ditingkatkan kekuatannya. Hampir semua aktivitas dalam kehidupan membutuhkan kerja otot lengan. Oleh karena itu olahraga membentuk otot lengan sangat diperlukan.

Selain untuk menunjang aktivitas, otot lengan juga diperhatikan oleh para pria untuk kekuatan dan penampilan. Banyak pria mendambakan punya otot lengan kuat atau besar agar terlihat macho atau kekar. Dengan tubuh yang atletis dan postur yang ideal tingkat kepercayaan diri dapat meningkat. 

Tak hanya pria, banyak wanita juga melakukan olahraga yang menguatkan otot lengan. Wanita membutuhkan olahraga angkat beban untuk membakar lemak dan mendapatkan tubuh yang atletis. 

Olahraga Membentuk Otot Lengan

Ada beberapa tips olahraga yang bisa anda coba untuk meningkatkan kekuatan otot lengan. Olahraga yang perlu dilakukan sangatlah mudah dan tidak membutuhkan gerakan dengan teknik rumit. 

Olahraganya pun bisa dilakukan di rumah dengan memakai alat bantuan tambahan seperti pemberat atau dumbell. Jadi anda tidak perlu repot-repot pergi ke gym atau tempat olahraga.

Push Up

Olahraga untuk membentuk otot lengan yang paling banyak dilakukan adalah push-up. otot lengan yang bisa Anda lakukan. Gerakan push up dapat membantu meningkatkan otot lengan. Selain itu, latihan ini juga berfungsi menguatkan otot bahu dan dada.

Cara melakukan push up sangat mudah dan tidak memerlukan bantuan alat. Anda tinggal mencari tempat yang nyaman dan ruang yang cukup. Pertama letakkan tangan dan kaki di lantai untuk menopang tubuh. Posisi kaki sejajar dengan lengan, dan tubuh dalam posisi lurus. 

Lalu turunkan tubuh sampai dada hampir menyentuh lantai menggunakan gerakan tangan. Setelah itu, tahan selama beberapa detik, kemudian angkat tubuh kembali. Lakukan gerakan ini secara berulang. 

Chin Up

Gerakan kedua yang bisa anda lakukan untuk membentuk otot lengan adalah chin up. Gerakan ini bisa dilakukan di rumah, mencari tempat atau alat yang bisa digunakan untuk bergelantung. 

Gerakan chin up sangatlah mudah, anda tinggal bergelantungan di tempat tinggi seperti tiang vertikal atau kusen pintu. Pertama, kedua tangan anda berpegang di tiang, bisa menghadap ke wajah atau sebaliknya. Lalu angkat tubuh anda hingga bahu sejajar dengan tiang. Tahan selama beberapa detik, kemudian turunkan tubuh anda seperti semula. Lalukan gerakan ini secara berulang. 

Curls

Gerakan membentuk otot lengan selanjutnya adalah adalah curls. Gerakan ini membutuhkan alat bantu berupa pemberat atau dumbell. Meski harus pakai alat bantu, anda bisa melakukannya di rumah asalkan ada alat tersebut. 

Sebelum memulai curls, pastikan anda memiliki dumbell dengan berat yang ringan terlebih dahulu. Jangan langsung mengangkat dumbell berbeban berat karena dapat menyebabkan otot menjadi kaget. 

Gerakan curls mudah dilakukan, pertama ambil posisi duduk atau berdiri. Kemudian genggam dumbelll di kedua sisi badan anda. Jika posisi sudah nyaman, gerakan angkat  dumbell ke arah dada. Perlu diingat, saat mengangkat dumbell jagalah jangan sampai siku ikut bergerak. Jadi benar-benar otot lengan anda yang bekerja mengangkat beban. 

Tricep Kickbacks

Rekomendasi gerakan otot lengan selanjutnya adalah Tricep Kickbacks. Gerakan ini kebalikan dari gerakan curls. Untuk melakukan gerakan ini, anda membutuhkan alat bantu dumbell atau pemberat. Jika curls menggerakan tangan ke depan, kalau tricep kickbacks menggarakan tangan ke belakang atau ke arah punggung. 

Gerakan tricep kickbacks berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot lengan bagian belakang atau disebut triceps. Cara melakukannya sangat mudah. Pertama, ambil posisi kuda-kuda buka dua kaki selebar bahu. Kemudian bukukkan tubuh ke depan dan sedikit menekuk lutut. Kedua tangan menggenggam dumbell di sisi kana dan kiri badan. Lalu angkat dumbell ke belakang atau ke arah punggung. Saat mengangkat dumbell, jaga posisi punggung tetap lurus. 

Arm Circle

Anda juga bisa membentuk otot lengan dengan latihan arm circle. Sama seperti dua gerakan sebelumnya, arm circle membutuhkan alat bantu berupa dumbell. Meski gerakannya cukup sederhana, tapi gerakan ini dapat meningkatkan banyak otot sekaligus yakni otot bahu, triceps, dan biceps.

Cara melakukan gerakan ini cukup mudah, pertama berdiri dalam posisi tegak dan buka kaki selebar bahu. Genggam dumbel dengan kedua tangan di sisi kanan dan kiri badan. Selanjutnya rentangkan kedua tangan ke samping hingga sejajar bahu. Kemudian putar kedua tangan ke arah depan membentuk gerakan melingkar kecil. Lakukan gerakan pelan-pelan hingga putarannya semakin dilebarkan. 

Itulah beberapa olahraga menguatkan otot lengan yang bisa anda coba di rumah. Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat asalkan melakukannya secara rutin.