3 Cara Membentuk Otot Sayap, Salah Satu Parameter Tubuh Atletis Sempurna
Ilustrasi latihan membentuk otot sayap (Foto: Pixabay/Rival381978)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara membentuk otot sayap agar bentuk tubuh semakin atletis ternyata tidak sulit. Anda bisa mengandalkan beberapa peralatan di tempat fitness serta melakukan latihan otot sayap.

Asal tau saja, otot sayap merupakan salah satu parameter tubuh atletis sempurna, selain perut six pack, lengan berorot dan dada yang bidang.

Lantas, apa saja latihan yang harus dilakukan untuk membentuk otot sayap? Simak informasinya berikut ini.

Cara Membentuk Otot Sayap

Perlu diketahui, sayap di sini tidak seperti sayap pada burung. Otot sayap yang dimaksud adalah otot yang muncul ketika otot latissimus dorsi Anda terbentuk.

Otot latissimus dorsi sendiri merupakan salah satu otot terbesar pada tubuh yang bertanggung jawab atas gerakan rotasi bahu.

Untuk membentuk otot sayap, ada beberapa latihan yang bisa Anda coba, antara lain:

  1. Latihan barbell pullover

Barbell pullover merupakan salah satu latihan terbaik untuk mengembangkan Serratus Anterior. Gerakan ini juga menargetkan kepala panjang trisep, latissimus dorsi, dan pectoralis mayor dan minor.

Anda bisa melakukannya dengan berbaring di barbell flat bench, sementara posisi kaki dibiarkan menekuk.

Berikutnya, genggam barbel dan bawa ke atas dada lalu dorong barbel dengan kekuatan penuh melewati kepala.

Perlu Anda ingat, latihan ini menggunakan berat barbell sebagai medianya. Oleh sebab itu, berlatihlah sesuai kemampuan Anda supaya terhindar dari cedera.

  1. Latihan chin up

Disadur dari Wikihow, chin up merupakan latihan beban yang menargetkan otot-otot latissimus dorsi di punggung bagian atas, juga otot-otot biseps di lengan.

Cara melakukan chin up, yakni berdiri di depan tiang chin up dan genggam tiangnya dengan kedua telapak tangan.

Saat memegang tiang chin up, pastikan kedua telapak tangan menghadap ke badan. Atur pula jaraknya supaya tidak terlalu jauh.

Berikutnya, angkatlah tubuh Anda ke atas hingga dagu melewati tiang. Sementara posisi kaki harus menekuk ke belakang. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu bergeraklah ke bawah dan lepaskan tangan dari tiang.

  1. Latihan back up

Selain kedua latihan di atas, gerakan back up ternyata bisa digunakan untuk membentuk otot sayap.

Cara melakukannya, yakni berbaring telungkup sembari memposisikan kaki lurus merapat. Sementara itu, kedua siku ditekuk dan tempatkan tangan di samping telinga.

Setelah itu, angkat kepala dan dada ke atas, lalu turunkan badan setelahnya. Untuk hasil yang sempurna, lakukan back up secara teratur minimal sebanyak 10-15 kali tiap latihan.

Demikian informasi tentang cara membentuk otot sayap agar badan terlihat atletis. Untuk mendapatkaan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.