Bagikan:

JAKARTA - Menginginkan orang lain menyukai dan menghormati Anda adalah hal wajar. Tetapi terlalu mencemaskan pendapat orang lain tentang Anda dapat merusak kesehatan mental diri. 

Jadi, bagaimana bisa melepaskan diri dari kekhawatiran pandangan orang lain terhadap Anda? Berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

Persepsi orang akan selalu ada, terimalah!

Disadur dari Psych Central, Rabu, 29 Mei, baik atau buruk, penilaian orang merupakan bagian alami dari interaksi sosial. Maka, tak ada guna mencoba menghindarinya. Yang bisa dilakukan hanyalah persiapkan diri agar orang lain bisa menyampaikan pendapatnya. Anggaplah persepsi orang lain merupakan latihan agar Anda bisa mengabaikan kritik yang masuk.

Kendalikan perasaan sendiri

Meski tidak dapat mengontrol cara orang lain memandang Anda, tapi kekhawatiran dan kecemasan terhadap hal tersebut bisa dikurangi. Caranya, dengan mempraktikkan teknik mindfulness yaitu praktik tetap berada di masa kini dan menyadari serta menerima apa yang dirasakan pada saat itu. Teknik mindfulness dapat membantu mengatasi perasaan dan pikiran cemas yang tidak diinginkan. Mindfulness bisa berupa meditasi, yoga, dan latihan pernapasan. 

Semua orang pernah melakukan kesalahan

Kesempurnaan itu mustahil, maka mengharapkannya pun sia-sia. Apalagi jika memikirkan pendapat orang yang hanya menilai Anda dari kesalahan yang dilakukan. Ingatlah bahwa siapa pun yang menganggap Anda buruk karena melakukan kesalahan kecil, dia sendiri juga telah melakukan kesalahan.

Selain itu, membuat kesalahan di tempat kerja atau dalam hubungan pribadi dapat menjadi bagian penting dalam pengembangan diri. Anggaplah itu sebagai kesempatan belajar menjadi manusia.

Jangan coba membaca pikiran orang lain

Agar hidup lebih tenang, berusahalah untuk tidak membaca pikiran orang lain. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang paling mampu menyesuaikan diri dan stabil secara emosional memiliki paling sedikit wawasan tentang apa yang orang pikirkan tentang dirinya. Ini merupakan indikasi bahwa terus-menerus mengkhawatirkan pendapat orang lain tidak hanya membuat stres tetapi juga tidak membantu dalam kemajuan hidup.

Pertimbangkan siapa yang menilai Anda

Peduli terhadap apa yang orang lain pikirkan adalah hal wajar. Tapi ada pendapat dari beberapa orang yang perlu diperhatikan dan ada juga yang sebaiknya diabaikan. Misal, anggota keluarga yang menyampaikan perilaku Anda berdampak negatif pada mereka, atau atasan yang mengkritik kerjaan Anda. Masukan-masukan ini perlu Anda pertimbangkan. Sedangkan pendapat orang asing yang mengeluh kalau Anda kurang tersenyum, sebaiknya jangan di dengarkan.

Bersosialisasi dengan orang yang mau menerima dan mendukung

Teman dan anggota keluarga yang terus-menerus menghakimi dapat berdampak buruk pada kesehatan mental Anda. Sebab, mengetahui orang yang disayang mempunyai opini negatif terhadap Anda sangatlah menyakitkan.

Mengembangkan hubungan dengan orang-orang yang menerima diri Anda sebenarnya dan orang-orang yang suportif serta mau mengungkapkan pendapat – meskipun terkadang mereka bisa sedikit “menghakimi” – sangat penting untuk menjaga kesehatan mental.