Mumpung Akhir Pekan, Tenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau dengan 7 Cara Sederhana Ini
Ilustrasi menenangkan hati dan pikiran yang kacau (Pexels/Austin Guevara)

Bagikan:

JAKARTA – Hati dan pikiran yang kacau bikin kelelahan. Hal tersebut membuat tidak nyaman, apalagi saat akhir pekan. Untuk menenangkan hati dan pikiran, setiap orang punya cara masing-masing.

Menurut Melanie Greenberg, Ph.D., seorang psikolog klinis, life coach, dan penulis The Stress Proof Brain, menekan pikiran dan hati yang kacau bisa menyebabkan cemas semakin muncul bahkan lebih menegangkan. Greenberg merekomendasikan teknik paling efektif untuk mengatasinya, berikut daftar caranya.

1. Mencoba berjarak dan lebih objektif

Kekacauan pikiran disebabkan rasa cemas, pada umumnya dialami ketika mencoba melindungi diri. Lalu membuat prediksi yang belum tentu terjadi. Maka saran Greenberg dikutip dari laman Psychology Today, cobalah melihat bukti secara objektif.

2. Berhenti menyatu dengan pikiran Anda

Pikiran adalah data tetapi belum tentu menjadi objektif sebab dalam kenyataan terlampau luas kemungkinannya. Otak akan merespon ancaman dan bahaya secara otomatis, jadi berhentilah menyatu dengan pikiran Anda.

3. Fokus pada pengalaman nyata

Hati dan pikiran yang berpayung mendung, biasanya diikuti pikiran ‘bagaimana jika’. Untuk mengontrol lajunya, bisa tetap fokus pada pengalaman nyata dan percaya bahwa peristiwa paling buruk pun akan mampu dilalui.

Hati kacau suka mengarang cerita yang mungkin saja enggak sesuai dengan kenyataan. Tidak semua yang dipikirkan akurat dan terjadi. Kadang bias dengan pengalaman masa lalu yang buruk. Artinya, katakan pada diri sendiri bahwa “yang dialami bukanlah hal yang sama”.

4. Menulis jurnal

Ini cukup membantu dan caranya pun sederhana. Anda hanya butuh media untuk menulis jurnal berisi apapun isi hati maupun pikiran.

5. Menghirup udara segar

Udara segar dan angin sepoi membuar pikiran jadi lebih jernih. Cobalah untuk membuka pintu dan jendela, ini bisa membantu Anda mendapatkan ketenangan, kesegaran, bahkan solusi yang membuat pikiran kacau.

6. Perluas cara pandang

Memperluas cara pandang bisa memperkaya pertimbangan. Dengan fokus yang sempit, kekacauan semakin menghimpit. Artinya apakah hal yang membuat pikiran dan hati kacau masih menimbulkan efek jangka panjang. Jika tidak, tetaplah tenang dan hilangkan kekhawatiran.

7. Lakukan aktivitas yang berbeda

Jika pada hari kerja Anda melakukan rutinitas yang sama. Untuk menenangkan hati dan pikiran yang kacau, cobalah beranjang dan lakukan aktivitas baru. Misalnya, dengan pergi jalan-jalan ke tempat favorit, menggeluti hobi, hingga mendengarkan atau bermain musik untuk.