Tiba-Tiba Susah Fokus, Lakukan 7 Cara untuk Meningkatkan Konsentrasi
Ilustrasi cara untuk meningkatkan konsentrasi (Pexels/Marcus Aurelius)

Bagikan:

JAKARTA – Kesulitan untuk fokus mengerjakan tugas cukup mengganggu. Sebab bisa memperlambat tugas selesai, bisa juga dipicu penyebab tertentu yang tidak disadari. Secara umum, sulit konsentrasi disebabkan 4 kategori penyebab.

Dilansir Buoy Health, Senin, 8 November, penyebab tersebut antara lain kondisi psikologis, medis, lingkungan, dan penuaan. Penyebab psikologis antara lain sebagai berikut:

  • Gangguan perhatian atau attention disorder yang tidak hanya didiagnosis pada anak-anak tetapi juga bisa dialami oleh orang dewasa.
  • Depresi.
  • Dalam kondisi berkabung.
  • Mengalami kecemasan.
  • Gangguan suasana hati.

Penyebab medis juga bisa membuat seseorang sulit untuk fokus, seperti disfungsi kelenjar adrenal yang mengakibatkan tingkat energi tidak memungkinkan berkonsentrasi, masalah tiroid, dan sel darah merah rendah.

Penyebab lingkungan, antara lain gaya hidup yang menyebabkan seseorang mengalami stres, kurang tidur, terganggu suara dari luar, dan kelelahan. Sedangkan faktor penuaan, seiring bertambahnya usia sering kali membuat seseorang melupakan kata-kata tertentu. Bahkan penuaan juga membuat seseorang mengalami keterbatasan kognitif sehingga berefek pada memori atau sering lupa.

Dari empat kategori penyebab di atas, terdapat 10 aktivitas yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Meskipun cara di bawah ini sederhana, Anda bisa melakukannya jika konsentrasi menurun ketika harus segera menyelesaikan tugas.

1. Melatih otak

Terdapat berbagai cara untuk melatih otak, berdasarkan hasil studi tahun 2015, disarankan orang dewasa menghabiskan waktu 15 menit setiap harinya untuk menjalani aktivitas latihan otak. Apa yang bisa dilakukan? Anda bisa bermain gim Sudoku, misalnya. Bisa juga dengan bermain catur, main puzzle, mengisi teka-teki silang, mewarnai, dan permainan memori.

Berdasarkan studi tersebut di atas, melatih otak setiap hari berefek besar pada konsentrasi. Bahkan bisa mengembangkan memori, mempermudah menyelesaikan masalah, dan terampil mencari solusi.

cara untuk meningkatkan konsentrasi
Ilustrasi cara untuk meningkatkan konsentrasi (Pexels/Andrea Piacquadio)

 

2. Perbaiki tidur

Pola tidur yang kacau selain memengaruhi suasana hati juga menurunkan konsentrasi. Bahkan, kurang tidur bisa mengganggu fungsi kognitif, termasuk melemahkan memori dan perhatian. Banyak ahli merekomendasikan untuk tidur setidaknya 6-7 jam setiap malam.

3. Luangkan waktu untuk berolahraga

Peningkatan konsentrasi, menurut studi tahun 2018, bisa dengan rutin olahraga. Studi tersebut mengamati 116 siswa kelas lima dan membuktikan bahwa aktivitas fisik harian dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan perhatian setelah rutin melakukannya selama 4 minggu.

Untuk orang dewasa, disarankan melakukan latihan aerobik level moderat. Aktivitas tersebut dapat mengembalikan kehilangan memori dan menguatkan konsentrasi.

4. Menghabiskan waktu di alam

Dilansir Healthline, cara ini membantu meningkatkan konsentrasi Anda secara alami. Cobalah keluar setiap hari, bahkan hanya selama 15-20 menit untuk berjalan ke sekitar rumah melewati taman. Manfaatkan dibuktikan secara ilmiah pada penelitian tahun 2014, bahwa kepuasan tempat kerja berkaitan dengan desain ruang menggunakan tanaman. Ini  mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

5. Meditasi

Sudah jadi rahasia umum bahwa meditasi dan praktik kesadaran memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu meningkatkan konsentrasi. Tahun 2013 ditemukan 23 studi yang membuktikan bahwa latihan mindfulness dapat membantu meningkatkan perhatian dan fokus.

6. Istirahat

Setelah beberapa jam menyelesaikan tugas, pikiran mengembara tak bisa kembali fokus. Itu berarti saatnya mengambil waktu istirahat selama beberapa menit. Segarkan pikiran dengan camilan, jalan-jalan sebentar, keluar ruangan, atau mencari udara segar.

7. Dengarkan musik

Menyalakan musik saat bekerja atau belajar dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Bahkan jika Anda merasa terganggu dengan komposisi musik, bisa memutar soundscape alam. Menurut penelitian, mendengarkan suara-suara dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

Tambahan cara meningkatkan konsentrasi, Anda bisa minum minuman berkafein seperti segelas kopi, teh hijau, atau cokelat hitam.