Bagikan:

JAKARTA - Kemampuan berkonsentrasi dan fokus tanpa gangguan merupakan fungsi pikiran penting yang membantu Anda dalam segala hal mulai dari penyelesaian tugas hingga mempelajari keterampilan baru.

Kemampuan berkonsentrasi dapat berbeda-beda setiap orang. Dan seberapa baik Anda berkonsentrasi sering kali dipengaruhi oleh berbagai hal dalam keseharian. Seperti kualitas tidur, keadaan emosi, dan seberapa banyak gangguan yang Anda alami.

Jika Anda sering merasa sulit fokus pada detail atau kesusahan mengarahkan diri pada suatu tujuan. Mempelajari cara baru  meningkatkan konsentrasi bisa membuat perbedaan.

Fokus pada kebiasaan tidur

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kinerja kognitif termasuk berkonsentrasi. Dikutip dari Psych Central, Rabu 3 Juli, meningkatkan konsentrasi dapat dimulai dengan memastikan Anda mendapatkan tidur terbaik di malam hari. Ini dapat dilakukan melalui kebiasaan tidur bermanfaat yang disebut “kebersihan tidur”.

tips kebersihan tidur meliputi:

  • menjaga kamar tidur tetap sejuk, gelap, dan tenang
  • menghindari penggunaan elektronik sebelum tidur
  • tidak makan sebelum tidur
  • mempertahankan jadwal bangun dan tidur yang konsisten

Tetap terhidrasi

Ketika tidak mengonsumsi cukup cairan guna mendukung fungsi optimal tubuh. Lambat laun akan berdampak pada kesehatan fisik. Faktanya, menurut studi perspektif masa hidup pada tahun 2017, gejala dehidrasi ringan biasanya muncul terlebih dahulu secara kognitif. Jika Anda merasa tidak bisa fokus, rehidrasi bisa menjadi pilihan pertama yang baik untuk pemulihan cepat.

Luangkan waktu rolahraga setiap hari

Orang dewasa disarankan melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang selama 150 menit setiap minggu, dengan latihan penguatan otot selama 2 hari atau lebih. Meskipun hal ini  terdengar berlebihan, terutama di tengah kesibukan pekerjaan dan jadwal keluarga. Olahraga teratur dapat meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko penurunan kognitif jangka panjang seiring bertambahnya usia.

Kembangkan mindfulness

Mindfulness adalah keadaan kesadaran di mana Anda fokus pada saat ini, membiarkan pikiran berlalu tanpa menghakimi atau merenung.

Mindfulness melatih otak berada di momen “saat ini”, yang merupakan komponen kunci konsentrasi. Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan peserta yang terlibat dalam mindfulness mampu melakukan transisi ke tugas-tugas yang menuntut perhatian lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak terlibat dalam mindfulness.

Lakukan meditasi

Meditasi dapat didasarkan pada kesadaran, namun bentuk meditasi lain juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi.. Sebuah studi tahun 2019 menemukan praktik umum meditasi singkat setiap hari sudah cukup meningkatkan perhatian dan memori setelah 8 minggu.

Mainkan musik latar yang disukai

Mendengarkan musik kedengarannya mengganggu, tetapi jika musik yang dinikmati sidak cukup keras untuk menarik perhatian, hal ini sebenarnya dapat membantu konsentrasi.

Studi dari tahun 2020 menemukan bahwa musik latar yang menyenangkan meningkatkan kemampuan peserta berkonsentrasi pada tugas-tugas ringan yang memerlukan perhatian.

Kunyah permen karet

Perlu meningkatkan konsentrasi sesegera mungkin? Mengunyah permen karet bisa membantu. Menurut penelitian sebelumnya pada tahun 2015, mengunyah permen karet dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan. Dalam studi tersebut, mengunyah permen karet siang hari dikaitkan dengan produktivitas lebih tinggi di tempat kerja dan lebih sedikit tantangan kognitif.

Beristirahat

Konsentrasi biasanya merupakan fokus perhatian yang tidak terputus, namun terkadang, istirahat dapat membantu kembali dengan tujuan baru. Saat otak beristirahat dari tuntutan kognitif, otak sering kali dapat fokus lebih efisien saat kembali mengerjakan tugas.

Main permainan asah otak

Ingin cara tidak terlalu abstrak meningkatkan konsentrasi? Ambil atau unduh game yang fokusnya mengasah otak. Permainan merupakan cara menyenangkan menjaga fungsi kognitif tetap tajam dan meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki.