Lupakan Multitasking, Ini 4 Cara Tingkatkan Fokus dan Konsentrasi 
Ilustrasi (No Revisions/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda tak bisa multitasking, itu tak mengapa. Pada kenyataannya, multitasking adalah mitos. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pikiran Anda sebenarnya hanya mampu mengubah fokus secara cepat dari pekerjaan satu ke pekerjaan lain secara bergantian. Tapi tidak dengan sepenuhnya bisa mengerjakan dua atau lebih pekerjaan sekaligus.

Alih-alih mencoba melakukan dua hal dalam satu waktu, cari cara untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi pada pekerjaan yang ada. Banyak orang merasa sulit untuk fokus, tapi ini adalah keterampilan yang bisa Anda kembangkan. Untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, lakukan empat cara berikut menyadur Mayoclinic, Rabu 23 Maret.

Kurangi distraksi

Matikan TV, letakkan ponsel, dan keluar dari akun email Anda. Tidak yakin itu akan membantu? Hilangkan screen time yang tidak penting selama dua hari dan lihat berapa banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan.

Rencanakan hari dengan baik

Apakah Anda tipe orang yang bangun pagi? Maka jangan sia-siakan waktu tersebut untuk membaca email. Alih-alih, gunakan kesempatan untuk menangani pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Saat sore hari, sempatkan waktu memeriksa dan membalas email masuk.

Tulis semua ide di kertas

Terlalu banyak hal yang perlu diingat membuat pikiran menjadi kacau. Semua urusan yang belum selesai tersebut bisa menguras energi mental Anda. Tulis apa pun yang ada di pikiran pada secarik kertas atau rekam secara digital. Ini membuat pikiran Anda lebih ringan dan mengurangi beban otak.

Latih otak Anda

Keterampilan apapun yang berharga membutuhkan latihan, begitu juga dengan belajar konsentrasi. Investasikan waktu untuk menguasai ragam latihan fokus, mindfulness, atau jenis meditasi lainnya. Ini adalah cara yang bagus untuk berlatih menghalau gangguan dan meningkatkan fokus.