Bagikan:

JAKARTA - White tea, yang merupakan varian dari teh Camellia sinensis yang sama dengan teh hijau dan hitam. Telah lama digunakan lantaran manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ternyata white tea juga memiliki segudang manfaat baik untuk kecantikan kulit Anda. Terkenal karena kaya kandungan antioksidan, white tea dapat menjadi tambahan luar biasa dalam rutinitas perawatan kulit. Berikut adalah manfaat white tea untuk kecantikan  dilansir dari Healthline, Jumat, 17 Mei.

Kaya akan antioksidan

White tea mengandung sejenis polifenol yang disebut katekin. Polifenol adalah molekul nabati yang bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan melindungi sel dari kerusakan oleh senyawa yang disebut radikal bebas.

Terlalu banyak kerusakan akibat radikal bebas dapat berdampak buruk pada tubuh. Seperti peradangan kronis, melemahnya sistem kekebalan tubuh dan berbagai penyakit berbahaya. Untungnya, teh putih merupakan salah satu jenis teh terbaik melawan radikal bebas. 

Bisa bantu turunkan berat badan

Teh hijau sering kali jadi minuman sehat yang terlintas di benak saat memikirkan teh untuk menurunkan berat badan. Namun, ada juga teh putih yang berikan fungsi serupa dengan teh hijau, yakni membakar lemak. Kedua teh tersebut memiliki kadar kafein dan katekin yang serupa seperti epigallocatechin gallate (EGCG), senyawa dalam teh hijau yang dikaitkan dengan pembakaran lemak. 

Mencerahkan dan meratakan warna kulit

White tea memiliki sifat mencerahkan alami yang membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Ini dapat membantu mengurangi tampilan bintik-bintik gelap, noda, dan kemerahan, sehingga memberikan kulit yang lebih bersinar dan merata.

Membantu memerangi penuaan kulit

Seiring bertambahnya usia, wajar jika kulit jadi kendur dan kerut. Penuaan kulit terjadi melalui dua cara utama – penuaan internal dan penuaan eksternal. Penuaan eksternal terjadi ketika faktor lingkungan merusak kulit dan mendorong penuaan. Misalnya, sinar UV matahari lama kelamaan dapat merusak kulit melalui peradangan.

Penuaan internal juga dikenal sebagai penuaan alami. Hal ini disebabkan oleh kerusakan dari berbagai faktor di dalam tubuh, seperti radikal bebas dan enzim tertentu. Enzim yang disebut elastase dan kolagenase dapat merusak jaringan serat kulit, yang biasanya membantu kulit tetap kencang dan kencang. Senyawa dalam teh putih dapat membantu melindungi kulit Anda dari efek penuaan internal dan eksternal.

Sebagai Anti-Inflamasi

Kandungan anti-inflamasi alami dalam white tea membuatnya ideal untuk meredakan peradangan kulit dan mengurangi kemerahan. Ini membuatnya cocok untuk kulit sensitif atau yang rentan terhadap reaksi iritasi, membantu menenangkan dan merawat kulit dengan lembut.

Melembapkan dan Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain manfaat antioksidan dan anti-penuaan, white tea juga memiliki kemampuan melembapkan yang baik untuk kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, lembut, dan kenyal.