Bagikan:

YOGYAKARTA – Bereksperimen dalam memadukan outfits tentu akan menyenangkan. Tetapi penting memilih jenis sepatu, salah satunya, jika dipadukan dengan dress atau gaun. Anda kurang percaya diri dalam memadupadankan terusan yang feminin dengan salah satu koleksi sepatu di lemari? Ini bisa jadi referensi.

1. Sepatu kets untuk penampilan santai

Gaun atau dress tidak selalu harus dipadukan dengan sepatu formal. Anda bisa memadukan terusan longgar berbahan satin atau sutra sekalipun dengan sepatu kets. Tetapi penting dipahami, memasangkan gaun dengan sepatu kets artinya sedang fokus membangun penampilan yang santai, terutama pada musim panas.

jenis sepatu yang cocok dipadukan dengan dress
Ilustrasi jenis sepatu yang cocok dipadukan dengan dress (Freepik/halayalex)

2. Sandal bertali

Sandal mungkin pilihan cocok untuk acara pada malam hari. Tetapi untuk tampilan mengesankan, Anda bisa memadukan gaun dengan sandal bertali. Alas kaki jenis ini bisa menambahkan sentuhan unik pada penampilan Anda.

3. Sepatu flat balet

Terdapat jenis sepatu datar yang berujung lancip dan tumpul. Untuk sepatu flat yang berujung tumpul, dikenal dengan sebutan sepatu balet meski dipakai bukan untuk menari balet. Alas kaki fungsional, ringan, dan nyaman ini, bisa dipadukan dengan gaya busana apapun. Mulai dari menyempurnakan kesan lembut saat memakai celana denim. Paripurna juga apabila dipakai saat memakai gaun atau rok.

jenis sepatu yang cocok dipadukan dengan dress
Ilustrasi jenis sepatu yang cocok dipadukan dengan dress (Freepik/prostooleh)

4. Clogs

Di Indonesia, jenis sepatu clogs dikenal dengan sebutan alas kaki bakiak yang tren dipakai nenek-nenek jaman dahulu. Ternyata pada era modern saat ini, sepatu yang beralas kayu ini tren kembali. Melansir Byrdie, sepatu hak tebal dan siluet yang jelas ini, membuat penampilan Anda saat memakai dress terlihat lebih menarik.

5. Sandal platform

Sandal platform ini sangat populer dipakai pada musim semi dan musim panas. Mulai dari sandal slip yang tebal atau bertali, cocok juga dipakai saat mengenakan dress. Meski bukan sepatu tertutup, ini justru membuat kaki terasa sejuk saat udara gerah.

6. Sepatu pantofel

Ini dia sepatu yang cocok dipadukan dengan dress untuk acara formal, yaitu sepatu pantofel. Untuk menciptakan ansambel gaun malam yang elegan, pertimbangkan memakai jenis sepatu ini. Kalau Anda mengenakan gaun sifon yang berukuran besar, cocok disempurnakan memakai sepatu pantofel berukuran besar.

7. Sepatu bot

Sepatu bot mengesankan penampilan yang independen dan kasual. Tetapi tetap cocok jika dipakai saat mengenakan dress yang ringan. Padu-padan ini, cocok untuk datang saat melihat konser, festival, atau berada dikeramaian.

Referensi di atas, bisa dijadikan acuan untuk penampilan Anda. Paling penting lagi, padu-padan outfit yang Anda pakai memendarkan kecantikan dan kepercayaan diri.