Bagikan:

YOGYAKARTA – Penggunaan pimple patch belakangan semakin populer, lantaran disebut dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu, produk perawatan kulit ini juga dapat dipakai kapan saja, termasuk sebelum menggunakan make up atau riasan wajah. Lantas apa itu pimple patch?

Apa itu Pimple Patch?

Pimple patch merupakan nama lain dari acne patch, yakni produk perawatan kulit yang dapat membantu mengeringkan jerawat, mengurangi ukuranya, dan mempercepat penyembuhan.

Menyadur AI-Care, pimple patch adalah plester/sticker kecil yang bersifat hidrokoloid. Produk kecantikan ini bekerja dengan cara menyerap cairan untuk mengeringkan jerawat.

Selain menyerap cairan, pimple patch juga dapat menyerap kotoran dan racun yang terjebak di dalam jerawat, melindungi jerawat dari bakteri eksternal dan paparan sinar matahari, serta membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Pimple patch kerap digunakan untuk mengatasi jerawat dangkal, seperti jerawat berisi nanah, komedo, dan komedo putih.

Pimple patch hidrokoloid bekerja paling baik pada jerawat yang sudah terbentuk, khususnya komedo putih. Sebab dapat menarik keluar dan menyerap nanah, minyak, dan lain-lain.

Apakah Pimple Patch Bisa Mengatasi Semua Jenis Jerawat?

Saat ini, ada berbagai jenis pimple patch yang beredar di pasaran. Anda bisa menggunakan acne patch yang sesuai dengan kondisi jerawat yang dialami. Akan tetapi, stiker jerawat ini tidak bisa mengatasi semua jenis jerawat.

Pimple patch efektif untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Selain itu, patch ini juga bisa mengatasi jerawat kemerahan yang menimbulkan rasa nyeri.

Kendati bisa mengatasi jerawat, pimple patch tidak efektif untuk mencegah jerawat datang kembali.

Menyadur WebMD, pimple patch juga tidak dianjurkan untuk mengatasi jerawat kistik, breakout parah dan masalah jerawat lainnya yang termasuk kasus serius.

Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Pimple Patch?

Pimple patch umumnya bisa digunakan kapan saja, baik pagi ataupun malam hari. Akan tetapi, para ahli menganjurkan penggunaan stiker jerawat saat malam hari, disadur dari Everyday Health.

Alasannya, saat malam hari sel kulit akan mengalami regenerasi dan proses peremajaan. Perawatan jerawat di malam hari membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Memakai pimple patch di malam hari juga memungkikan stiker jerawat bekerja lebih lama.

Sebelum menggunakan pimple patch, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu, kemudian oleskan pelembab untuk mencegah kulit kering. Setelah pelembap meresap, tempelkan pimple patch di area yang berjerawat.

Anda bisa membiarkan pimple patch menempel sepanjang malam selama tidur, lalu bersihkan saat Anda akan mencuci muka.

Berapa Lama Menggunakan Pimple Patch?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pimple patch sebaiknya digunakan minimal selama enam jam. Setelah itu, Anda dapat melepasnya. Anda akan melihat bahwa penampilan jerawat sudah berkurang. Mungkin tidak terlihat merah atau iritasi lagi.

Penggunaan pimple patch dapat mengatasi keluhan jerawat ringan. Anda bisa menggunakan stiker jerawat ini setiap hari hingga keluhan mereda.

Demikian informasi tentang apa itu pimple patch. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.