Sosok Donny Kesuma, Atlet Sofbol yang Bertransisi Jadi Aktor ‘90-an
Donny Kesuma (Instagram @donnykesumaofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Donny Kesuma meninggal dunia pada hari ini, Selasa, 19 Maret 2024 di Rumah Sakit St. Carolus. Sang aktor menghembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan penyakit jantung.

Aktor yang memulai kariernya di tahun ‘90-an ini merupakan salah satu aktor legenda yang memulai kariernya dengan cara unik.

Donny Kesuma lahir di Jakarta pada 6 Juni 1968 sempat menggeluti bidang olahraga hingga ke tahap internasional. Ia yang berkecimpung di dunia sofbol pernah membawa emas untuk Indonesia pada ajang SEA Games 1997.

Pada tahun yang sama, ia mulai membintangi sinetron yang ditandai dengan Bidadari Yang Terluka. Sejak itu, ia mulai melakoni berbagai judul di antaranya Siti Nurbaya, Habibi dan Habibah, Police 86, dan lainnya.

Dalam perfilman, Donny Kesuma juga berperan dalam film Love and Edelweiss pada tahun 2010 serta sejumlah film seperti Kawin Kontrak 3, My Idiot Brother, Doea Tanda Cinta, dan lainnya.

Namanya juga semakin laris ketika ia membintangi sebuah produk minuman berenergi yang akhrinya identik dengan sosoknya.

Menjelang akhir hidupnya, Donny Kesuma sempat aktif membintangi beberapa film. Pada tahun 2023, ia membintangi film My Idiot Brother 2, Why Do You Love Me, serta Mohon Doa Restu. Ia juga direncanakan hadir dalam film ketiga dari trilogi Buya Hamka.

Donny Kesuma pernah menikah dengan Yuni Indriyati dan dikaruniai 3 anak laki-laki yakni Muhammad Fajrin Putra Kesuma, Muhammad Ghassaan Indira Kesuma, M. Hazel Raga Kesuma. Sayangnya, 18 tahun membina rumah tangga, mereka memilih bercerai pada tahun 2017.

Donny Kesuma juga menjalani pengobatan di rumah sakit hingga kondisinya menurun pada 17 Maret lalu. Ia meninggal pada usia 55 tahun.