Ternyata Singkatan, Sarah Sechan Beberkan Asal Muasal Nama Belakangnya
Sarah Sechan (Instagram/@sarseshoku)

Bagikan:

JAKARTA - Sarah Sechan terlihat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Vindes yang dipandu oleh Vincent Rompies dan Desta Mahendra. Dalam bincang-bincang ini, Vincent meminta Sarah menjelaskan asal usul nama Sechan yang sebenarnya.

Pada awalnya Sarah berseloroh bila nama Sechan itu ialah nama eskotis dari sebuah kerajaan yang ada di wilayah Timur Tengah.

"Itu nama eksotis dari Timur Tengah gitu. Kita tuh keturunan ini kerajaan-kerjaan Timur Tengah gitu," seloroh Sarah Sechan dikutip VOI di YouTube VINDES, Kamis, 12 Oktober.

Selanjutnya, Sarah menceritakan bagaimana awal mula nama Sechan itu muncul. Ia mengatakan bila semua berawal dari sang kakek yang bekerja sebagai polisi di daerah Cihanjuang, Bandung.

"Gak ada. Sarah Meirizka Hardiany, tapi nama bokap gue tuh Syech, nama kakek gue tuh Sechan. Jadi kakek gue itu polisi, gue bangga kakek gue polisi di Bandung. Di suatu kerajaan, yang namanya Cihanjuang," lanjutnya.

Di meja kerja sang kakek tertulis sebuah kata-kata Sechan yang akhirnya membuat orang mengira bila nama kakek Sarah ialah Sechan. Padahal Sechan itu merupakan singkatan dari Sector Hanjuang.

Akhirnya nama itu terus melekat pada sosok kakek Sarah Sechan bahkan ketika wafat pun, nama Sechan digunakan sebagai nama belakang yang akhirnya menurun ke ayahnya.

"Di meja nya, ada yang dari kayu gitu, S E C titik han. Sector Hanjuang. Jadi 'Pak sechan, Pak Sechan'. Nama aslinya (kakek) Adi Wirya pas meninggal biasa dipanggil Sechan, Adi Wirya Sechan. Bokap gue namanya Syahriar, dia ganti jadi Toni Sechan. Bapak gue nggak mau nama Syahriar jadi Toni biar internasional," tutur Sarah.

Karena sempat pindah ke Amerika yang mewajibkan menggunakan nama keluarga, akhirnya mau tidak mau Sarah juga ikut menggunakan nama Sechan tersebut. Meski begitu, nama itu menjadi nama keberuntungan bagi dirinya.

"Gue Sarah Meirizka Hardiany pindah ke Amerika harus pakai nama fam, jadi gue tuh Sarah Sector Hanjuang. Tapi itu kan nama hoki gue," tutup Sarah.