Bantah Klaim SM Soal Pihak Ketiga, EXO-CBX Tegaskan Tetap Bersama EXO Meski Kontrak Berakhir
EXO-CBX (Twitter @weareonEXO)

Bagikan:

JAKARTA - Pengacara Lee Jae Hak mewakili Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO merilis pernyataan baru sebagai respons dari pernyataan SM Entertainment. Mereka menjelaskan bahwa tidak ada pengaruh pihak ketiga dalam pemutusan kontrak tersebut.

“Klaim SM mengenai intervensi pengaruh yang sebenarnya hak Chen, Baekhyun, Xiumin (selanjutnya disebut artis) adalah informasi yang palsu dan keliru. Artis merasa tertekan setelah melihat pernyataan resmi SM yang terus menyebut orang ketiga,” kata Lee Jae Hak dari firma hukum LIN.

“Mereka merasa tertekan karena sepertinya jelas pandangan SM terhadap artisnya. Apa ini pengaruh pihak ketiga? Artis kami adalah orang dewasa yang bisa memikirkan diri mereka dan bertanggung jawab atas keputusan mereka,” lanjutnya.

“Mereka adalah individu dengan pemikiran dan pandangan independen. Mereka merasakan beberapa keraguan selama satu dekade, dan mereka menyusun keberanian yang sulit untuk menanyakan pertanyaan yang mereka tidak tanyakan ketika mereka masih rookie,” katanya.

Pengacara menjelaskan, kliennya mendengar dan bertanya kepada banyak orang tentang apa yang benar. Orang terdekat yang dimaksud mulai dari keluarga, senior dan junior di industri musik, kolega, bahkan staf yang bekerja sama dengan mereka.

“Dari para individu itu, ada yang membagikan kekhawatiran serupa, membagikan dukungan, dan mengekspresikan dukungan mereka. Kami harus bertanya jika seluruh orang-orang ini adalah pengaruh pihak ketiga, pengaruh buruk, pengaruh merugikan,” tutur Lee Jae Hak.

“Artis kami adalah manusia yang bisa menentukan keputusan mereka dan menentukan pilihan mereka. Keputusan untuk mencari hak mereka seperti meminta laporan kesepakatan dibuat mereka sendiri setelah berdiskusi dan ini bukan karena pihak ketiga,” katanya lagi.

“SM mengklaim artis kami sudah menandatangani kontrak dual, tapi tiga individu Baekhyun, Chen, dan Xiumin belum menandatangani atau mencoba kontrak eksklusif selain kontrak mereka bersama SM. SM harus menghindari membuat klaim palsu,” tegasnya.

Pihak pengacara merasa kebingungan karena SM khawatir jika laporan akan dibagikan artis dengan pihak lain. Bahkan dalam kontrak eksklusif, tidak ada disebutkan bahwa artis tidak bisa menunjukkan laporan kepada orang lain.

“SM tidak memberi data dan pihak legal dan selebrita menyebut ini situasi yang tidak adil. Hal ini pasti menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang harus mengkritik kesalahan siapa dalam situasi ini,” katanya.

Chen, Baekhyun, dan Xiumin merasa harus mengakhiri kontrak lantaran pihak legal SM Entertainment menolak membagikan laporan transparansi. Dalam aturan yang berlaku, artis bisa mengulas kontrak selama 30 hari dan tidak hanya melihatnya.

“Fakta bahwa SM menolak melakukannya membuat kami mengajukan kontrak eksklusif adalah kunci kasus ini,” kata pihak EXO-CBX.

Mereka juga menyebutkan salah satu bagian dari kontrak eksklusif yang dianggap terlalu lama dan bisa merugikan artis mereka. Pada pernyataan pertama, diketahui SM memiliki kontrak eksklusif selama 12 hingga 13 tahun. Ini melewati durasi tujuh tahun sesuai kontrak yang ditetapkan Komisi Perdagangan.

“Menurut Pasal 5, Ayat 1 dari kontrak eksklusif berikutnya, “Kontrak ini berlaku selama 5 tahun sejak…Namun, jika jumlah minimum album yang ditentukan dalam Pasal 4, Ayat 4 tidak dirilis dalam periode yang sama, periode kontrak akan diperpanjang secara otomatis sampai kondisi terpenuhi. Bahkan tidak ada batasan maksimum untuk jangka waktu yang diperpanjang secara otomatis ini,” katanya.

Pasal ini menandakan bahwa masa kontrak secara otomatis diperpanjang setelah artis merilis album sesuai ketentuan angka dari SM Entertainment. Pengacara menyebut kontrak ini adalah kontrak budak yang mengambil kuasa artis mereka.

“Selain itu, tidak dapat dibenarkan untuk mencoba mengikat artis dengan menandatangani kontrak eksklusif selanjutnya yang menyatakan masa kontrak jangka panjang tanpa batas maksimal ketika sekitar satu tahun masih tersisa pada kontrak eksklusif yang ada. SM juga tidak membayar uang muka kepada artis untuk kontrak eksklusif selanjutnya,” lanjutnya.

Di sisi lain, pernyataan itu juga berisi rencana Chen, Baekhyun, dan Xiumin bersama EXO. Mereka menegaskan bahwa mereka tetap beraktivitas sebagai member EXO meski mereka mengakhiri kontrak eksklusif dengan SM.

“Dalam proses negosiasi dengan SM untuk mengakhiri kontrak eksklusif ini, artis mengajukan ide untuk melanjutkan aktivitas EXO meski Baekhyun, Chen, dan Xiumin keluar dari SM,” katanya.

“Artis merasa bersyukur atas cinta dan dukungan yang diberikan penggemar kepada EXO sejak dahulu, Apapun hasil legal yang terjadi di masa depan, mereka akan melanjutkan aktivitas sebagai EXO sepenuhnya,” tutup pernyataan tersebut.