Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi jebolan Indonesian Idol TOP 4 Season 9 tahun 2018, Ayuenstar melepas karya baru berjudul Manusia Putus Asa.

Ayu - sapaannya - menulis sendiri lagu ini, mulai dari lirik serta melodinya. Namun, untuk aransemen musiknya, dia dibantu oleh Weirdudes.

Single Manusia Putus Asa bercerita tentang sosok manusia yang dahulu memiliki kehidupan sederhana dan banyak cinta, namun ternyata semesta berkata lain.

Terinspirasi dari satu momen under pressure dalam hidupnya, Ayu menuangkan kesedihannya dalam lagu penuh makna ini.

"Lagu ini bukan hanya bercerita tentang keluarga, tapi juga tentang percintaan dan kehidupan. Ketika aku di fase sedang down dan tidak baik-baik saja karena perpisahan orang tuaku, aku mencoba untuk menumpahkan kesedihan aku kepada orang yang aku percaya," tutur Ayu dalam keterangan resmi.

"Namun pada saat aku bercerita ternyata orang tersebut belum bisa mendengar aku, menampung keluh kesahku. Aku bingung mau bertumpu pada siapa, mau bercerita ke siapa, sedangkan aku adalah orang yang termasuk introvert. Aku merasa tidak punya banyak teman yang bisa aku percaya untuk menceritakan apa yang aku alami," sambung dia.

Dalam Manusia Putus Asa, Ayu tampil berbeda dibandingkan dua single sebelumnya; Swagger dan Heart Is Dying, yang dikemas dalam irama upbeat. Ayu ingin menghidupkan warna sendiri dengan keluar dari zona nyaman dan sedikit beralih pada genre ballad dan pop alternative.

"Pokoknya ini unexpected banget deh. Dengan adanya lagu ini orang bisa berspekulasi tentang diri aku yang berbeda," ujarnya.

Rencananya, lagu Manusia Putus Asa ini akan masuk bersama delapan lagu baru lainnya ke dalam album perdana yang bertitle Rumah, di Mana? yang akan dirilis akhir tahun 2023 nanti.