Raih Laba Rp1,15 Triliun, Antam Bagikan Dividen Rp402,27 Miliar
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2020. Hasil rapat emiten bersandi ANTM itu memutuskan untuk memberikan dividen sebesar 35 persen dari laba bersih perseroan tahun 2020.

SVP Corporate Secretary Aneka Tambang Kunto Hendrapawoko mengatakan tahun lalu, emiten pelat merah ini membukukan laba bersih senilai Rp1,15 triliun. Adapun, perolehan laba 2020 itu melejit 493 persen dibandingkan dengan perolehan 2019.

Dengan asumsi dividen payout ratio ANTM sebesar 35 persen dari laba bersih, kata Kunto, maka jumlah dividen ANTM untuk tahun buku 2020 adalah sebesar Rp402,27 miliar. Sisa laba bersih 65 persen atau Rp747,08 miliar dicatat sebagai saldo laba.

"Sesuai dengan kebijakan dividen yang tercantum dalam prospektus IPO Antam tahun 1997 di mana Antam membagi dividen minimal 30 persen. Di dalam RUPS ini telah disetujui bahwa Antam akan melakukan pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 35 persen dari laba bersih tahun 2020," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 7 April.

Terkait dengan dividen, Kunto mengatakan, Antam memiliki kebijakan untuk membagikan dividen tunai kepada seluruh pemegang saham setidaknya satu kali setahun, dengan tetap memperhatikan posisi keuangan dan tingkat kesehatan perusahaan dan tanpa mengurangi hak dari rapat umum pemegang saham perusahaan.

Selain itu, kata dia, di dalam RUPS juga menyepakati perombakan direksi dengan memberhentikan Aprilandi Hidayat Setia sebagai Direktur Niaga dan Hertono sebagai Direktur Operasi dan Produksi.

"RUPS memberhentikan dengan hormat dan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan tenaga dan pikiran yang diberikan oleh Bapak Aprilandi Hidayat Setia sebagai Direktur Niaga, dan kedua Bapak Hertono sebagai Direktur Operasi dan Produksi perseroan terhitung sejak ditutupnya RUPS hari ini," jelasnya.