Ketegangan di Perbatasan dengan China Meningkat, India Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir Agni-V
Rudal balistik Agni-V India (Wikimedia Commons/Ministry of Defence India)

Bagikan:

JAKARTA - India telah melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) berkemampuan nuklir dengan jangkauan 5.000 kilometer (3.125 mil), dari sebuah pulau di lepas pantai timur di tengah meningkatnya ketegangan perbatasan dengan China.

Peluncuran yang sukses pada Hari Rabu sejalan dengan kebijakan India untuk memiliki pencegahan minimum yang kredibel, yang mendukung komitmen untuk 'tidak menggunakan pertama', sebut sebuah pernyataan pemerintah.

"Rudal Agni-V jatuh di Teluk Benggala dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi," bunyi pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu malam, mengutip Daily Sabah 28 Oktober.

Perkembangan rudal Beijing yang pesat, mendorong New Delhi untuk meningkatkan sistem persenjataannya dalam beberapa tahun terakhir, dengan Agni-V diyakini mampu menjangkau seluruh wilayah China.

icbm agni-v
Uji coba peluncuran rudal balistik Agni-. (Wikimedia Commons/Ministry of Defence India)

India diketahui memiliki kemampuan untuk menyerang seluruh wilayah Pakistan, negara tetangga sekaligus musuh bebuyutannya yang telah berperang tiga kali, sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947.

Sejak tahun 1990-an, India telah mengembangkan sistem nuklir, serta misil jarak menengah dan jauhnya di tengah meningkatkanya persaingan strategis dengan China, sekaligus meningkatkan kemampuan pertahanan negara.

Ketegangan India dan China pecah tahun lalu di wilayah perbatasan yang telah lama disengkatakan di daerah Pegunungan Ladakh. India juga semakin curiga terhadap upaya Beijing untuk meningkatkan pengaruhnya di Samudra Hindia.

Pembicaraan di antara komandan pasukan India dan China meredakan ketegangan di sepanjang perbatasan selama 17 bulan, dengan terkadang menyebabkan bentrokan yang meminta korban jiwa, berakhir dengan jalan buntu awal bulan ini.