Bagikan:

JAKARTA - Unit manufaktur pesawat Honda Motor Co. Hari Selasa meluncurkan konsep untuk pesawat bisnis kecil HondaJet baru, dengan peningkatan kapasitas penumpang dan kemampuan untuk menyelesaikan penerbangan lintas benua di seluruh Amerika Serikat.

Sebuah mock-up dari 'HondaJet 2600 Concept' oleh Honda Aircraft Co ditampilkan di pameran dagang tahunan di Las Vegas, Amerika Serikat, untuk mengukur reaksi pelanggan dan mendapatkan pemahaman tentang permintaan pasar potensial, menurut siaran pers.

Memiliki ukuran 40 persen lebih panjang dan lebar dibanding model sebelumnya, model baru ini disebut mampu menampung hingga 10 penumpang, naik dari jumlah penumpang sebelumnya yang hanya enam orang.

Selain itu, jet baru ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar sekitar 20 persen dibandingkan dengan jet ringan, dengan lebih dari 40 persen dibandingkan dengan jet menengah, menurut perusahaan. Sehingga, pesawat bisa lebih ramah lingkungan.

"Dengan HondaJet 2600 Concept, yang memungkinkan penerbangan lintas benua yang efisien, menawarkan tingkat kenyamanan dan kapasitas kabin yang baru, dan secara dramatis mengurangi emisi CO2, kami memperkenalkan generasi baru jet bisnis," Presiden dan CEO Honda Aircraft Michimasa Fujino mengatakan dalam siaran pers, mengutip Kyodo News 13 Oktober.

Sementara itu, melansir situs Hondajet.com, Honda Aircraft Company meluncurkan HondaJet 2600 Concept untuk memenuhi kebutuhan era penerbangan berikutnya. Melalui pengembangan teknologi penerbangan perintis, HondaJet 2600 dapat menempuh penerbangan lintas benua nonstop melintasi Amerika Serikat, dengan kecepatan jelajah maksimum 450 knot dan ketinggian maksimum 47.000 kaki.

hondajet
Ilustrasi HondaJet 2600 Concept. (Sumber: Hondajet)

HondaJet 2600 Concept memiliki kabin luas yang cocok untuk perjalanan jarak jauh, dengan ruang kaki yang luas, ketinggian kabin tertinggi, dan ketinggian kabin terdepan di kelasnya 6.363 kaki. Mengusung konsep modular, kabin pesawat ini dapat disesuaikan untuk berbagai konfigurasi sesuai kepentingan perjalanan Anda.

Dengan kecepatan jelajah maksimal hingga 834 kilometer per jam, pesawat ini dapat lepas landas dari runway yang memiliki panjang 'hanya' 1.006 meter, serta mendarat di runway sepanjang 762 meter.

Untuk diketahui, sejak HondaJet pertama kali dikirim pada tahun 2015, pesawat ini telah dijual secara global. Pesawat ini menjadi jet bisnis kecil terlaris di dunia untuk tahun keempat berturut-turut pada tahun 2020, dengan total 31 unit dikirimkan tahun lalu.