4 Model Motor Listrik Honda yang Bisa Jadi Alternatif Kendaraan Ramah Lingkungan
Honda PCX Electrik (Dok. Astra Honda Motor)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Motor listrik Honda bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tengah mencari kendaraan ramah lingkungan.

Sebagaimana diketahui, pemerintah berencana memberikan subsidi pembelian motor listrik Rp6,5 juta tahun depan. Hal ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat memiliki kendaraan listrik yang mampu menekan emisi karbon penyebab polusi udara.

Nah, salah satu motor listrik yang menarik untuk dilirik adalah motor listrik Honda. Pasalnya, produsen otomotif asal Jepang itu terus berinovasi di ranah kendaraan roda dua berbasis listrik.

Lantas, apa saja model-model motor listrik Honda yang bisa jadi pilihan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Motor Listrik Honda

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Jumat, 2 Desember 2022, beberapa motor listrik Honda yang sudah mengaspal di jalanan Indonesia antara lain:

  1. Motor Listrik Honda M8

Motor listrik Honda M8 bisa menjadi alternatif bagi masyarakat kelas menengah yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Motor listrik ini bisa menempuh jarak 60 km dalam sekali cas. Honda M8 dibekali baterai dengan tenaga 350 watt, berjenis 1186 dan bisa mencapai 300 siklus.

Motor listrik Honda M8 sangat cocok untuk penggunaan santai, karena hanya bisa dipacu maksimal 25 km/jam. Kendaraan roda dua ini sudah dilengkapi bagasi tambahan.

Soal harga jualnya, Honda M58 dibanderol Rp9 jutaan.

  1. Motor Listrik Honda U-Be

Honda U-Be adalah skuter listrik berkualitas tinggi yang menggunakan jok single seat. Dengan demikian, motor listrik ini hanya muat untuk satu orang saja.

Honda U-Be memiliki bobot 54 kg dan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh ketimbang Honda M58.

Kendati sangat mungli, dek tengah Honda U-Be didesain sangat luas sehingga bisa digunakan untuk menaruh barang-barang.

Konsumen yang ingin membeli motor listrik ini bisa memilih tiga jenis baterai, yakni 48V-15Ah, 48V-20Ah and 48V-24Ah. Masing-masing baterai tersebut memiliki jarak tempuh yang berbeda, mulai dari 55 km, 70 km, dan 85 km.

Dari segi kecepatan, Honda U-Be hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 25 km/jam. Motor listrik Honda U-Be dijual di Indonesia dengan harga Rp7 jutaan.

  1. Motor Listrik Honda PCX Electric

Berbeda dengan dua model motor listrik di atas, Hoda PCX Electric belum meluncur secara resmi di Indonesia. Motor listrik ini masih tersedia dalam bentuk penyewaan dan sudah melewati tahap uji coba bersama layanan transportasi online, Gojek, untuk mengangkut penumpang.

Kendati demikian, motor ini layak ditunggu, karena modelnya mirip dengan motor PCX konvensional. Bedanya, motor ini memiliki sedikit sentuhan desain yang lebih sporty dan trendy dibanding versi yang menggunakan bahan bakar minyak.

Motor listrik Honda PCX Electric disewakan dengan harga sekitar Rp1,9 juta per bulan. Akan tetapi, dengan syarat harus disewa dengan masa di atas satu tahun.

  1. Motor Listrik Honda U-GO
Ilustrasi Honda U-GO
Ilustrasi Honda U-GO (e-scooter)

Diluncurkan di Jepang pada Agustus 2021, skuter listrik Honda U-GO sudah meluncur di Indonesia.

Honda U-GO dibawa secara utuh (CBU) oleh importer umum Probike Motor. Di China Motor listrik ini dijual dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp16,6 juta. Sementara tipe tertingginya dibanderol Rp17,7 jutaan.

Honda U-GO dibanderol cukup terjangkau di China, yakni mulai dari 7.499 yuan atau sekitar Rp 16,6 jutaan. Sementara tipe tertingginya dibanderol 7.999 yuan atau sekitar Rp 17,7 jutaan.

Honda U-Go diklaim dapat menempuh jarak 130 km dengan kecepatan maksimal 53 km/jam.

Demikian informasi seputar motor listrik Honda yang bisa dijadikan sebagai alternatif kendaraan roda dua ramah lingkungan.