Honda Indonesia Perkuat Komitmen Elektrifikasi dengan Hadirkan SUV e:Prototype di GIIAS 2023
Honda SUV e:Prototype. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan mobil asal Jepang, Honda, merupakan salah satu dari sekian pabrikan yang perlahan mengalihkan fokusnya untuk melahirkan kendaraan elektrifikasi. Sehingga, beberapa unit mobil yang dialiri listrik mulai diluncurkan.

Selaras dengan itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) menampilkan beberapa jajaran elektrifikasi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dan terdapat salah satu model yang cukup menarik perhatian.

Mobil tersebut dinamakan Honda SUV e:Prototype yang merupakan mobil konsep listrik berbasis dari model HR-V. Mobil ini juga menandai langkah strategis Honda dalam memperkenalkan teknologi mobil listrik yang ramah lingkungan kepada masyarakat Indonesia.

Mobil ini sebenarnya merupakan versi cikal bakal dari SUV bertenaga listrik yang dijual Eropa saat ini, Honda e:Ny1. Dan mobil pratinjau tersebut telah hadir di berbagai gelaran otomotif bergengsi di dunia.

Direktur Sales & Marketing and Aftersales PT HPM, Yusak Billy, mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias menghadirkan kendaraan tersebut yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia untuk masa depan.

"Kombinasi antara teknologi listrik yang ramah lingkungan dan keunggulan performa SUV akan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan," kata Billy dalam keterangannya, Sabtu, 12 Agustus.

Honda SUV e:Prototype dirancang dengan menggabungkan desain futuristik dengan inovasi canggih milik pabrikan. Dengan mengambil basis dari HR-V, mobil ini diklaim menawarkan cara mengemudi yang dinamis serta efisiensi dalam penggunaan baterai listrik.

Mobil SUV konsep tersebut juga dibekali dengan beberapa fitur yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen, seperti Advanced Touch Screen, TFT Multi-Information Display, OTA3 (Over The Air), serta Honda Sensing dan Honda Connect yang telah tersedia pada beberapa model teranyar.

Versi produksi dari SUV e:Prototype, Honda e:Ny1, dibangun di atas platform e:N Architecture terbaru yang dikembangkan oleh Honda. Platform penggerak motor depan tersebut menawarkan tiga atribut, yakni struktur bodi yang kuat, pusat gravitasi rendah, dan aerodinamika bawah lantai diatur dengan teliti agar pengemudi mendapat pengalaman yang menyenangkan selama mengemudikan e:Ny1.

Platform dari mobil EV ini menggabungkan unit penggerak daya yang memiliki performa tinggi dan ringan, motor listrik, dan girboks. Ini dapat menghasilkan daya 203 dk dan torsi puncak 310 Nm.

Selain performa, Honda e:Ny1 memiliki baterai lithium-ion 68,8 kWh yang memiliki kemampuan impresif. Dengan ini, e:Ny1 memiliki daya jangkauan hingga 412 km menurut siklus WLTP dengan kemampuan pengisian daya cepat DC dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 45 menit.

Bagi pengunjung yang ingin melihat Honda SUV e:Prototype, dapat mengunjungi booth Honda yang berlokasi di Hall 6B, ICE BSD, Tangerang, selama pergelaran GIIAS 2023 berlangsung.

Tidak hanya SUV e:Prototype, Honda turut menghadirkan model elektrifikasi lainnya seperti Honda e, Honda N-Van EV Prototype, serta model hybrid lainnya seperti All-New Honda CR-V RS e:HEV, Honda Accord e:HEV, dan Honda CR-Z.