Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya dua orang tewas ketika Cessna bermesin ganda jatuh di lingkungan California Selatan, Amerika Serikat pada Senin sore waktu setempat, kata para pejabat.

"Kami memiliki beberapa kematian yang dikonfirmasi, kami tidak tahu persis berapa banyak," kata Justin Matsushita, wakil kepala pemadam kebakaran untuk Kota Santee, mengutip CNN 12 Oktober.

"Kami tahu setidaknya ada dua yang dikonfirmasi," sambungnya saat memberikan keterangan kepada wartawan

Sementara itu, perusahaan ekspedisi dan jasa pengiriman dokumen serta paket UPS menyebut, seorang karyawannya tewas dalam insiden tersebut.

"Kami berduka atas kehilangan karyawan kami, dan kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga dan teman-temannya," sebut dalam pernyataannya UPS.

"Kami juga menyampaikan belasungkawa kami untuk individu lain yang terlibat dalam insiden ini, dan keluarga serta teman-teman mereka," lanjut pihak UPS.

Video yang direkam oleh OnScene.TV menunjukkan truk UPS yang terbakar parah. Matsushita mengatakan, petugas tanggap darurat sedang mencari korban saat mereka menentukan tingkat kerusakan rumah.

"Jangan terlalu gamblang, tapi itu adalah adegan yang cukup brutal bagi orang-orang kami, dan kami mencoba menyisirnya," jelas Matsushita.

Tidak jelas berapa banyak orang yang berada di dalam Cessna 340A. "Kami percaya bahwa luka-luka itu tidak dapat bertahan bagi siapa pun yang ada di dalamnya," ungkap Matsushita.

Beberapa kendaraan terbakar ketika kru darurat tiba di tempat kejadian, kata para pejabat. Puing-puing berserakan di blok perumahan, dan listrik telah dimatikan untuk sekitar 10 rumah di daerah tersebut saat penyelidik mengevaluasi kerusakan.

Dua rumah di lingkungan San Diego County terkena dampak terberat dari pesawat dan dua atau tiga lainnya rusak. Api masih terlihat menyala beberapa jam setelah kecelakaan.

Sementara, Pemadam Kebakaran San Diego County dan departemen sheriff menanggapi kecelakaan itu, yang terjadi di dekat sebuah sekolah menengah. SMA Santana mentweet, semua siswa aman dan insiden itu terjadi beberapa blok jauhnya.

Kendati demikian, Departemen Sheriff San Diego County memperingatkan warga untuk menjauh dari daerah tersebut. Palang Merah telah mendirikan tempat penampungan sementara bagi penduduk lingkungan yang telah mengungsi.

Terpisah, Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengatakan, pesawat itu diduga jatuh sekitar pukul 12:14 malam waktu setempat.

FAA mengatakan akan merilis nomor ekor pesawat setelah penyelidik memverifikasinya di lokasi kecelakaan.

"FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan menyelidiki. NTSB akan bertanggung jawab atas penyelidikan dan akan memberikan pembaruan tambahan. Tidak ada badan yang mengidentifikasi orang-orang yang terlibat dalam kecelakaan pesawat," jelas FAA.