Bagikan:

 JAKARTA - Tiga orang awak pesawat PK-IFP type Cessna 172 yang jatuh di lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, telah diketahui identitasnya.

"Ketiga korban diketahui bernama Pulu D, Suanda dan Farid Ahmad (engineer pesawat)," kata Humas Kantor SAR Jakarta, Ramli saat dikonfirmasi, Minggu, 19 Mei.

Menurut keterangan resmi dari Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, ketiganya terdiri dari 1 penerbang, 1 engineer dan 1 penumpang. "Ketiganya masih dalam proses evakuasi di lokasi kejadian," kata Adita Irawati, Minggu, 19 Mei.

Laporan kecelakaan pesawat ini telah diterima oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terkait adanya pesawat Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) yang jatuh di daerah BSD, Tangerang Selatan. Kejadian sekitar pukul pukul 14.30 WIB, Minggu, 19 Mei 2024.

Sebelumnya ada beberapa kecelakaan yang melibatkan pesawat Cessna di dunia. Berikut adalah beberapa insiden berat yang melibatkan pesawat Cessna:

  1. Kecelakaan Cessna 208 Caravan di Afghanistan (2006): Pada tanggal 27 Juni 2006, sebuah pesawat Cessna 208B Grand Caravan yang dioperasikan oleh Air Serv International jatuh di dekat Bandara Bamiyan, Afghanistan. Pesawat tersebut dalam penerbangan kemanusiaan. Semua 8 orang di dalam pesawat, termasuk kru dan penumpang, tewas dalam kecelakaan tersebut. Penyebab kecelakaan ini disebabkan oleh cuaca buruk dan keputusan pilot untuk melanjutkan penerbangan dalam kondisi berbahaya.

  2. Kecelakaan Cessna 177 Cardinal di New Mexico (1996): Pada tanggal 13 November 1996, sebuah pesawat Cessna 177 Cardinal yang dioperasikan oleh seorang pilot pribadi mengalami kerusakan struktural di udara dan jatuh di dekat Angel Fire, New Mexico. Semua 3 orang di dalam pesawat tewas. Penyelidikan menemukan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh kegagalan struktural akibat turbulensi udara yang kuat.

  3. Kecelakaan Cessna 401 di Florida (1972): Pada tanggal 29 Desember 1972, sebuah pesawat Cessna 401 yang dioperasikan oleh Air Sunshine mengalami kegagalan mesin ganda dan jatuh ke dalam Sungai Miami di Florida. Pesawat tersebut sedang dalam penerbangan dari Miami ke Key West. Kecelakaan ini menewaskan 4 dari 5 orang di dalam pesawat. Penyebab utama kecelakaan adalah kegagalan mesin ganda yang disebabkan oleh perawatan yang tidak memadai.

  4. Kecelakaan Cessna 421 di Utah (2008): Pada tanggal 26 Januari 2008, sebuah pesawat Cessna 421 yang dioperasikan oleh seorang pilot pribadi jatuh di dekat Payson, Utah. Semua 10 orang di dalam pesawat, termasuk pilot dan penumpang, tewas dalam kecelakaan tersebut. Penyelidikan menemukan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh hilangnya kendali saat terbang di kondisi es yang berat.

  5. Kecelakaan Cessna 310 di Arkansas (2018): Pada tanggal 8 Februari 2018, sebuah pesawat Cessna 310 jatuh di dekat Little Rock, Arkansas, menewaskan kedua orang di dalam pesawat. Pesawat tersebut mengalami masalah mesin segera setelah lepas landas dan pilot tidak dapat mengembalikannya ke bandara