Intip Spesifikasi Cessna Citation Latitude Punya <i>Crazy Rich</i> Malang Seharga Rp265,2 miliar
Cessna Citation Latitude, Jet Pribadi yang dibeli crazy rich Malang (Cessna)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, jagat maya dihebohkan oleh Crazy Rich Malang yang membeli jet pribadi  mewah. Jet bernama Cessna Citation Latitude itu merupakan besutan dari pabrikan Textron Aviation asal Amerika Serikat (AS).

Adalah Gilang Widya Pramana yang mengunggah informasi tersebut melalui akun Instagramnya. Gilang dan istrinya, Shandy Purnama Sari, memutuskan untuk membeli Cessna. Pembelian jet mewah itu bukan untuk mereka berdua tapi untuk kepentingan masayarakat Tanah Laut, Kalsel.

Sebagai informasi, Gilang yang baru berusia 31 tahun ini memiliki usaha dalam bidang transportasi yaitu Juragan 99, sedangkan sang istri memiliki usaha dalam bidang kecantikan, MS Glow.

Jet tersebut dibeli seharga 18,9 juta dolar AS (setara Rp265,2 miliar). Gilang Shandy menggunakan jet pribadi ini untuk misi kemanusiaan.

“Akhirnya Private Jet yang ditunggu-tunggu, Cessna citation latitude datang juga! Alhamdulillah besok terbang perdana akan langsung kita gunakan untuk misi kemanusiaan,” ujar Gilang di postingan Instagram, Minggu, 31 Januari.

Tentunya, jet pribadi yang mewah ini membutuhkan biaya operasional yang tidak murah. Dilaporkan Cessna melalui website resminya, jet pribadi ini memiliki biaya operasi langsung sejumlah 4,95 dolar AS (sekitar Rp 70 ribu) per 2 km (nautical mile). Itu belum termasuk biaya pilot yang bisa mencapai 128 dolar AS (sekitar 1,8 juta) per jamnya.

Artinya, biaya penerbangan dengan menggunakan Cessna Citation Latitude memerlukan Rp 37 juta untuk satu jam penerbangan. Contohnya, penerbangan dari kota London (Inggris) ke Berlin (Jerman) memakan waktu 1 jam 15 menit, memerlukan biaya 2.652 dolar AS atau setara Rp 37,2 juta.

Untuk daya jelajahnya, Cessna Citation Latitude bisa menjangkau lebih dari 5.000 km dengan kecepatan 814 km per jam (top speed). Sedangkan untuk cruise speed, jet ini memiliki kecepatan 826 km per jam.

Jet mewah ini dilengkapi dengan mesin Pratt & Whitney Canada PW300. Jet mewah ini memiliki berat 8.462 kg dengan daya tampung maksimal 9 penumpang.

Pesawat pribadi ini juga dibekali dengan sejumlah teknologi terkini yang lebih modern, seperti powerful electrical system, layar sentuh avionics Garmin G5000 dan pintu elektrik.