Crazy Rich Indonesia: Bermimpi Kaya Raya, Doyan Pamer Harta, Berakhir di Penjara
Helena Lim mendapat sebutan crazy rich Pantai Indah Kapuk karena memiliki rumah super mewah. (Instagram/@helenalim8999)

Bagikan:

JAKARTA – Kabar mengejutkan datang dari Harvey Moeis, seorang crazy rich yang juga merupakan suami dari artis Sandra Dewi. Ayah dua anak ini ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Harvey Moeis ditahan Kejaksaan Agung menjelang tengah malam, Rabu (27/3/2024). Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, bersama lima orang lainnya Harvey diperiksa sebagai saksi oleh tim penyidik. Berdasarkan alat bukti yang telah dimiliki, ia ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Ia menjadi orang ke-16 yang menjadi tersangka dalam kasus ini. Di antara tersangka itu, ad Helena Lim, pengusaha tajir yang tinggal di Pantai Indah Kapuk.

Dua crazy rich Indonesia ini menjadi tersangka kasus korupsi yang diduga terjadi dalam kurun waktu 2015-2022 dan merugikan negara akibat kerusakan lingkungan yang ditimbulkan sebesar Rp271,06 triliun.

Helena Lim Ditahan Kejagung karena Korupsi Timah. (Dok. Puspenkum Kejaksaan Agung)

Muncul Pertama dari Novel

Baik Helena dan Harvey selama ini mendapat label sebagai crazy rich dari masyarakat Indonesia. Istilah crazy rich pertama kali muncul dalam novel laris karya Kevin Kwan berjudul Crazy Rich Asians yang terbit pada 2013. Istilah ini makin populer seusai novel itu diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama lima tahun kemudian.

Film ini sebenarnya mengangkat masalah sederhana, yaitu kisah cinta sepasang kekasih dari status sosial berbeda dan berujung penolakan orangtua. Tampilan visual di film tersebut menggambarkan kekayaan keluarga pemeran utama pria, Nick Young, yang memiliki rumah mewah dan barang-barang mahal.

Sejak itu, sebutan crazy rich kemudian banyak digunakan warganet di media sosial. Intinya untuk menggambarkan seseorang yang memiliki kekayaan luar biasa dan sangat glamor.

Harvey Moeis, pengusaha kaya asli Indonesia, menikah dengan artis Sandra Dewi pada 2016. (Instagram/@sandradewi88)

Seperti Helena Lim misalnya, yang dijuluki crazy rich PIK. Namanya makin populer sejak 2019, ketika dalam sebuah tayangan ia diketahui memiliki rumah super mewah bergaya klasik modern di kawasan PIK. Tak hanya dilengkapi kolam renang, rumah Helena Lim juga memiliki salon pribadi, kitchen set seharga Rp1 miliar, hiasan kamar mandi ratusan juta Rupiah, serta piring yang harga satuannya mencapai Rp7 juta.

Selain itu, dilansir Kompas, Helena merupakan pemilik produk minuman untuk diet DRZLIM Official dan menjalankan bisnis apotek hingga fesyen.

Lain lagi dengan Harvey Moeis. Publik selama ini mengenal suami Sandra Dewi tersebut sebagai pengusaha tambang yang kaya raya, bahkan pernikahan mereka sempat mencuri perhatian karena menggelar resepsi lanjutan di Disneyland Tokyo pada November 2016.

Harvey Moeis, suami Sandra Dewi ditahan sebagai tersangka korupsi timah. (Dok. Puspenkum Kejagung)

Pria kelahiran 30 November 1985 ini juga diketahui memiliki jet pribadi yang dihadiahkan untuk anak pertamanya, Raphael Moeis. Selain itu, di garasinya berjejer deretan mobil mewah mulai dari Alphard hingga Mercedes-Benz SLS AMG yang harganya mencapai Rp7 miliar lebih.

Harta kekayaan Helena Liem dan Harvey Moei cukup untuk menggambarkan bahwa keduanya adalah crazy rich Indonesia, mirip seperti yang diceritakan film yang rilis pada 2018 itu.

Fenomena Generasi Milenial

Sebutan crazy rich juga disematkan kepada konglomerat India Mikesh Ambani, yang menempati peringkat ke-10 dalam daftar orang terkaya dunia. Menurut Forbes ddia memiliki harta kekayaan 115 miliar dolar Amerika Serikat (AS), atau setara Rp1,8 kuadriliun.

Belum lama ini ia mencuri perhatian karena mengundang penyanyi terkenal Rihanna dalam acara pranikah anak bungsunya, Anant Ambani, yang digelar pada 1 sampai 3 Maret 2024 di Jamnagar, Gujarat. Pernikahannya sendiri baru akan digelar pada Juli mendatang.

Selain Rihanna, menurut Reuters acara pranikah itu juga dihadiri pendiri Microsoft Bill Gates, pendiri Meta Mark Zuckerberg, dan CEO Disney Bob Iger. Sebelumnya, pada 2018 keluarga Ambani juga mengundang Beyonce dalam acara pranikah putrinya yang lain, Isha Ambani.

Sebutan crazy rich sering digunakan oleh generasi Z (gen Z) dan milenial. Namun istilah crazy rich yang kian populer tidak lepas dari peran platform Instagram, yang banyak dipakai generasi milnelian dan Z.

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI) Njaju Jenny Malik mengatakan crazy rich adalah fenomena baru yang terjadi di generasi milenial. Menurut Jenny kemunculan crazy rich sebagai sebuah fenomena disebabkan oleh cepatnya informasi tersebar melalui media sosial dan media massa online yang sangat populer, terutama Instagram. Melalui patform ini, istilah crazy rich dengan cepat menyebar di masyarakat, khususnya generasi Z dan milenial.

"Mereka (generasi milenial) senang sekali dengan like, comment, regram, repost, shareNah, respon audiens inilah yang jadi cikal bakal inovasi baru model crazy rich," kata Jenny dalam diskusi publik "Fenomena Crazy Rich Indonesia: Mengkhawatirkankah?" pada 16 Maret 2022.