Sedang memuat podcast...

Ilustrasi pramugari (Mahesa ARK/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Cantiknya seragam pramugari yang seksi hingga yang berkelas. Barisan pramugari berseragam yang berjalan di bandara kerap dianggap layaknya supermodel di atas runway. Namun, balutan seragam yang dikenakan juga menimbulkan pertanyaan. Apakah para pramugari tidak merasa kesulitan menjalankan tugasnya dengan seragam mereka? Ternyata cantiknya model seragam pramugari berhubungan dengan sejarah awal munculnya pramugari.

Pada tahun 1930, jarang ada perempuan yang dapat menerbangkan pesawat. Hal ini membuat seorang perawat medis wanita bernama Ellen Church memiliki keinginan menjadi salah satu wanita langka itu. Namun, meski dia sudah bisa menerbangkan pesawat, para pria yang bekerja di maskapai Boeing Air Transport enggan menyetujui lamarannya. Wanita menjadi pilot masih sangat tabu.

Ellen tidak pernah berhenti mewujudukan keinginannya. Akhirnya pada tanggal 15 Mei 1930, Ellen melakukan penerbangan pertamanya. Ia berhasil menjadi wanita pertama yang bekerja sebagai pramugari. Sejak saat itu, perkembangan seragam pramugari dimulai. Seragam pertama mirip dengan seragam tentara perempuan, yaitu blazer berkancing ganda warna hijau yang dipadukan dengan rok selutut, serta dilengkapi dengan jubah yang mereka jahit sendiri dengan warna senada.

Siniar VOI kali ini akan membahas tentang sejarah perkembangan seragam pramugari dan mengapa pramugari menggunakan seragam seksi atau berkelas yang terkesan sulit untuk melakukan tugasnya yang cukup berat di pesawat. Silakan tekan tombol dengarkan dan kami akan bercerita untuk Anda.