WHO Setujui Vaksin Malaria untuk Anak-anak, Ahli Sebut Tantangan Berikutnya adalah Harga dan Distribusi
Ilustrasi penanganan malaria di Angola. (Wikimedia Commons/USAID Africa Bureau)

Bagikan:

JAKARTA - JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan pada Hari Rabu, satu-satunya vaksin yang disetujui untuk melawan malaria, bisa diberikan secara luas kepada anak-anak Afrika untuk melawan penyakit yang membunuh ratusan ribu orang setiap tahun tersebut.

Rekomendasi WHO adalah untuk RTS,S atau Mosquirix, vaksin yang dikembangkan oleh pembuat obat Inggris GlaxoSmithKline (GSK). Sejak tahun 2019, sebanyak 2,3 juta dosis Mosquirix telah diberikan kepada bayi di Ghana, Kenya, dan Malawi dalam program percontohan skala besar yang dikoordinasikan oleh WHO

"Ini adalah vaksin yang dikembangkan di Afrika oleh para ilmuwan Afrika dan kami sangat bangga," jelas Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengutip Reuters 7 Oktober.

"Menggunakan vaksin ini selain alat yang ada untuk mencegah malaria dapat menyelamatkan puluhan ribu jiwa muda setiap tahun," tambahnya, mengacu pada tindakan anti-malaria seperti pemasangan kelambu dan penyemprotan.

Sementara itu, para ahli mengatakan tantangannya sekarang adalah memobilisasi pembiayaan untuk produksi dan distribusi vaksin ke beberapa negara termiskin di dunia.

GSK hingga saat ini berkomitmen untuk memproduksi 15 juta dosis Mosquirix setiap tahun, selain 10 juta dosis yang disumbangkan untuk program percontohan WHO, hingga tahun 2028 dengan biaya produksi ditambah margin tidak lebih dari 5 persen.

Sebuah studi pasar global yang dipimpin oleh WHO tahun ini memproyeksikan, permintaan untuk vaksin malaria akan menjadi 50 hingga 110 juta dosis per tahun pada tahun 2030, jika digunakan di daerah dengan penularan penyakit sedang hingga tinggi.

Sementara, aliansi vaksin GAVI, kemitraan publik-swasta global, akan mempertimbangkan pada bulan Desember apakah dan bagaimana mendanai program vaksinasi malaria ini.

"Seperti yang telah kita lihat dari vaksin COVID-19, di mana ada kemauan politik, ada dana yang tersedia untuk memastikan bahwa vaksin ditingkatkan ke tingkat yang dibutuhkan," terang Kate O'Brien, Direktur Departemen Imunisasi, Vaksin dan Biologi WHO.

Sebuah sumber yang akrab dengan perencanaan pengembangan vaksin mengatakan harga per dosis belum ditetapkan, tetapi akan dikonfirmasi setelah keputusan pendanaan GAVI dan setelah ada permintaan yang jelas untuk vaksin.

Untuk diketahui, malaria jauh lebih mematikan daripada COVID-19 di Afrika. Itu membunuh 386.000 orang Afrika pada 2019, menurut perkiraan WHO, dibandingkan dengan 212.000 kematian yang dikonfirmasi dari COVID-19 dalam 18 bulan terakhir.

WHO mengatakan, 94 persen kasus dan kematian malaria terjadi di Afrika, benua berpenduduk 1,3 miliar orang. Penyakit yang dapat dicegah ini disebabkan oleh parasit yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi; gejala termasuk demam, muntah dan kelelahan.