Gabungkan Kemampuan Tiga Rudal Sekaligus, Rafael Luncurkan Sea Breaker yang Kebal <i>Electronic Countermeasures</i>
Rudal Rafael Sea Breaker. (Sumber: Rafael)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan teknologi pertahanan Israel, Rafael Advanced Defense Systems, meluncurkan rudal presisi baru yang dapat diluncurkan dari kapal di laut atau peluncur berbasis darat, mengenai target pada jarak hingga 300 kilometer.

Disebut 'Sea Breaker', rudal itu adalah unit angkatan laut dan artileri 'pengganda kekuatan, yang dirancang untuk mengatasi tantangan arena perang modern', kata Rafael dalam sebuah pernyataan.

Rudal sepanjang empat meter itu memiliki berat kurang dari 400 kilogram, terbang dengan kecepatan subsonik tinggi menuju sasarannya. Dengan inframerah homing dan kemampuan pengenalan target otomatis, dapat diluncurkan baik pada siang atau malam hari dan dalam segala kondisi cuaca.

"Ini cerdas dan langsung ke sasaran," kata seorang pejabat senior Rafael kepada wartawan pada hari Selasa, menambahkan Sea Breaker membawa semua kemampuan perusahaan Israel ke dalam satu rudal generasi kelima.

rafael sea breaker
Rudal Rafael Sea Breaker. (Sumber: Rafael)

Rudal ini disebut mampu ditembakkan untuk berbagai misi, mulai dari laut-ke-laut, laut-darat, darat-laut hingga darat-darat, melawan target bernilai tinggi.

Rudal ini dapat diluncurkan dari platform angkatan laut dengan berbagai ukuran mulai dari kapal cepat rudal, korvet hingga fregat. Berdasarkan peluncur SPYDER Rafael, Sea Breaker juga dapat ditembakkan dari kendaraan seperti Humvee atau Dodge Rams, menjadikannya serbaguna dan mobile.

Meski demikian, Rafael tidak merancang rudal ini untuk diluncurkan dari kapal selam atau pesawat seperti rudal lain yang dihasilkannya.

Menurut perusahaan, arsitektur baterai mendukung peluncur mandiri, atau beroperasi sebagai solusi terintegrasi dengan Command and Control Unit (CCU) dan berbagai sensor.

Dengan seeker IIR (Imaging Infra-Red) tingkat lanjut, Seabreaker dapat menyerang target laut dan darat di arena anti-akses atau penolakan area tingkat lanjut. Itu dapat mengenai target di perairan pesisir atau coklat, termasuk kepulauan dan juga menyerang target di mana “rudal berbasis pencari RF generasi sebelumnya tidak efektif,” kata Rafael.

rafael sea breaker
Rudal Rafael Sea Breaker. (Sumber: Rafael)

Sea Breaker dapat bermanuver dan menghindari rintangan saat terbang di medan, mengikuti penerbangan tingkat rendah di atas tanah atau skimming laut, di bawah ketinggian radar pertahanan udara musuh. Dengan berbagi data dan sistem man-in-the-loop, operator dapat melihat dengan tepat kapan rudal mencapai targetnya, bahkan ketika diluncurkan dari jarak yang berdiri sendiri.

Menurut pejabat senior Rafael, perusahaan mengambil kemampuan rudal SPIKE, NLOS, dan SPICE dan menggabungkannya untuk membuat Seabreaker.

Pencari elektro-optik canggih dengan algoritme pencocokan pemandangan yang unik, panduan navigasi, dan teknik pelacak, Seabreaker dapat memenuhi misi operasional tanpa GPS dan dengan kerusakan jaminan minimum.

Menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi canggih lainnya seperti pembelajaran mendalam dan pencocokan adegan berbasis data besar, rudal tersebut dapat secara otomatis memperoleh dan melacak target. Ia juga memiliki sistem dukungan datalink yang memungkinkan operator membuat keputusan dan pembaruan taktis.

Tak hanya itu, rudal baru ini juga dapat dapat dioperasikan di arena yang ditolak GPS dan kebal terhadap penanggulangan elektronik atau Electronic Countermeasures (ECM) dan tahan macet. Seabreaker juga memiliki kemampuan pembatalan penerbangan dan penilaian kerusakan pertempuran bagi operator untuk melihat target setelah menembakkan rudal.

"Ini misi yang efektif. Rudal ini dapat menyerang target kapan pun Anda mau, bagaimana Anda mau, dan dari mana pun Anda mau," sebut pejabat itu.