20 Pemain Muda Timnas Basket Indonesia Menempa Diri di Amerika, Targetnya Mempertahankan Medali Emas SEA Games
Timnas basket Indonesia menjalani pemusatan latihan untuk SEA Games 2023. (Foto via Antara/Perbasi)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional basket Indonesia terus melakukan persiapan menuju SEA Games 2023 Kamboja. Sebanyak 20 pemain muda dikirim ke Amerika Serikat untuk menempa kemampuan.

Pemusatan latihan (TC) di Las Vegas itu dimulai 7 Oktober dan akan berakhir pada 11 November mendatang. TC dikonsentrasikan di Impact Basketball.

Ini merupakan lanjutan dari rangkaian program persiapan yang sebelumnya berlangsung di GBK Arena. Latihan di Tanah Air sudah digelar sejak 12 September lalu.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan, TC di Amerika dilakukan untuk menguatkan kemampuan individu pemain serta kerja sama tim. Harapannya, para pemain muda ini bisa mengejar level para senior mereka ketika nanti dipadukan saat SEA Games 2023 berlangsung.

"Kami berharap di Amerika menjadi lebih bagus dan berkomeptisi dengan pemain basket yang adai di Impact, bukan hanya yang ada di timnas," kata Nirmala Dewi, seperti dilansir dari Antara.

"Saat kembali ke Indonesia, bisa lebih bagus dari sebelumnya. Mudah-mudahan target SEA Games tercapai," lanjutnya.

Nirmala Dewi mengatakan, perjuangan timnas basket Indonesia di SEA Games 2023 nanti akan lebih berat. Pasalnya, tim lawan tentu sudah mewaspadai kekuatan Indonesia yang mencetak sejarah dengan meraih medali emas di SEA Games sebelumnya di Hanoi.

"Di SEA Games Hanoi kita dapat emas, dengan capaian itu pasti membuat negara lain tertantang mengejar Indonesia," tuturnya.

Sekjen Perbasi ini menambahkan, perjuangan untuk mempertahankan prestasi akan lebih sulit ketimbang mendapatkannya. Itu yang menjadi dasar Perbasi melakukan persiapan maksimal.

"Persiapan maksimal kami lakukan agar bisa mempertahankan apa yang sudah kami diraih dan membawa bangga Indonesia," ujarnya.

Berikut ini adalah daftar nama 20 pemain muda yang melakukan TC di Amerika Serikat:

1. Yudha Saputera

2. Widyanta Putra Teja

3. Ali Bagir Al Haddar

4. Hendrick Xavi Yonga

5. Yesaya Saudale

6. Mohamad Arighi

7. Antoni Erga

8. Karl Patrick Gloria

9. Ida Bagus Ananta Wisnu Putra

10. Elgi Wimbardi

11. Justin Jaya Wiyanto

12. Erick ibrahim

13. Andrew Lensun

14. Julian Chalias

15. Dame Diagne

16. Serigne Modou Kane

17. Fernando Manansang

18. Daniel Salamena

19. Mohammed Aymane Garudi Arip

20. Rafael Pasha