Ingin Cetak Sejarah di SEA Games, Timnas Basket Putra Indonesia Berambisi Hentikan Hegemoni Filipina
Pebasket Indonesia Michael Derrick (kedua kanan). (Foto via Antara/Aditya Pradana Putra)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas basket putra Indonesia berpeluang mencetak sejarah di SEA Games 2021 Hanoi. Kuncinya adalah kemenangan atas Filipina di laga pamungkas, Minggu, 22 Mei.

Timnas Indonesia berambisi untuk mengakhiri hegemoni Filipina yang selalu menang dalam 13 edisi terakhir.

Indonesia sebetulnya sudah memastikan setidaknya medali perak SEA Games 2021 berkat lima kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dimainkan.

Saat ini, Andakara Prastawa dan kawan kawan menduduki posisi kedua, tetapi tertinggal jauh dalam akumulasi skor dibandingkan Filipina yang berada di puncak, meski kedua tim sama-sama mengoleksi 10 poin.

Meski begitu, Indonesia masih berpeluang meraih medali emas apabila mampu mengalahkan Filipina dalam pertandingan pemungkas yang akan berlangsung Minggu pukul 15.00 WIB.

"Kami bekerja keras latihan di Jakarta dan kami ditarget tinggi sejak awal untuk meraih medali perak dan perak sekarang sudah ada di tangan," kata pelatih timnas basket putra Indonesia, Milos Pejic, seperti dilansir Antara.

"Kami akan bermain pertandingan terakhir melawan Filipina. Semua orang pasti tahu betapa kuatnya bola basket Filipina, mereka adalah yang terbaik di Asia Tenggara. Tapi kami akan berusaha untuk bermain kompak secara tim," lanjutnya.

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games sejak mulai berpartisipasi pada 1977. Skuad Merah Putih selalu harus puas dengan perak di bawah Filipina.

Pada SEA Games 2019, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017.