Wajib Diapresiasi! Cabor Karate Sukses Lampaui Target Medali Emas di SEA Games Hanoi
Tim Kumite Putri Indonesia pada medal’s ceremony SEA Games 2021 Vietnam di The Sports Competition Center of Ninh Binh, Jumat 20 Mei. (NOC Indonesia/Andy Faisal)

Bagikan:

JAKARTA - Semua nomor cabang olahraga karate membawa pulang medali dari SEA Games Hanoi 2021. Cabor ini bahkan berhasil melampaui target medali emas di ajang dua tahunan itu.

Karate total membawa pulang 14 medali dari Vietnam. Rinciannya empat medali emas, delapan medali perak dan dua medali perunggu.

Raihan tersebut sukses melewati target yang diusung Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do (FORKI). Sebelumnya target yang dicanangkan adalah tiga medali emas saja.

"Performa anak-anak superior, mereka melebihi target. Sebenarnya Indonesia bisa dapat lebih (medali emas). Namun, banyak faktor-faktor yang tak bisa dijelaskan di sini dapat memengaruhinya," Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB FORKI Raja Sapta Ervian, dikutip Sabtu 21 Mei.

Dari 15 nomor yang dipertandingkan karate berhasil menjadi 12 finalis. Itu artinya semua atlet yang dikirim ke sana sukses pulang membawa medali.

Emas terakhir dari cabang olahraga karate dipersembahkan trio kata putra Albiadi/Andy Tomy Aditya Mardana/Andi Dasril Dwi Dharmawan.

Keping medali emas tersebut menyempurnakan Ahmad Zigi Zaresta Yuda dari nomor individu kata putra. Tren positif emas Ahmad Zigi diikuti oleh Ari Saputra melalui nomor kumite 60kg putra, serta Cok Istri Agung S yang mendapat medali emas melalui nomor kumite 55kg putri.

Raja Sapta Ervian mengatakan, pencapaian bagus ini merupakan buah proses pembinaan dan program yang baik dari PB FORKI. Hal tersebut, katanya, akan dilanjutkan karena PB FORKI menyasar panggung yang lebih besar, tingkat kontinental Asia hingga Dunia.

"Dalam waktu dekat, anak-anak akan mengikuti Kejuaraan Asia pada akhir tahun ini, Jadi levelnya setingkat Asian Games," kata Raja.

Sejauh ini Indonesia total sudah mengumpulkan 50 keping medali emas. Jumlah itu membuat Merah Putih bertahan di tempat ketiga klasemen sementara perolehan medali, di belakang Vietnam di posisi teratas dan Thailand di tempat kedua.