Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Final SEA Games 2021, Ketum PSSI: Insyaallah Posisi Shin Tae-yong Aman
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, langsung membicarakan masa depan Shin Tae-yong setelah gagal meraih medali emas di SEA Games Hanoi 2021. Posisi pelatih Korea itu di kursi pelatih timnas Indonesia dipastikan aman.

Ini adalah kegagalan kedua pelatih 51 tahun setelah bersama timnas Indonesia menjadi runner up di Piala AFF 2020. Meski demikian, Iriawan mengatakan pihak tetap percaya dengan kemampuan eks pelatih timnas Korea itu.

"Kontraknya empat tahun. Mudah-mudahan lebih dipertanggungjawabkan untuk U-20 nanti yang akan di World Cup. Insyaallah (posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih) aman," ujar Iriawan.

Tim nasional Indonesia dipastikan gagal memenuhi target medali emas setelah dikalahkan Thailand pada babak semifinal. Satu-satunya peluang yang dimiliki skuad Garuda sekarang adalah medali perunggu jika bisa mengalahkan Malaysia.

Di laga melawan Thailand pasukan asuhan Shin Tae-yong bermain tanpa gol selama 90 menit. Sayang, gol tunggal tim lawan di babak tambahan waktu memudarkan harapan Indonesia.

"Itulah hasil yang harus kita terima. Tetapi, itu jangan menjadi beban pikiran untuk game berikutnya," tuturnya.

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu meminta Egy Maulana Vikri dan kawan kawan untuk melupakan kekalahan menyakitkan dari Thailand. Dia ingin Skuad Garuda Muda untuk fokus menghadapi yang  ada di depan mata.

Kegagalan di Vietnam menunda impian Indonesia untuk menyudahi paceklik medali emas selama 31 tahun. Terakhir kali Merah Putih menempati podium tertinggi adalah di SEA Games 1991 yang berlangsung di Filipina.

Sejak itu, pencapaian terbaik Indonesia adalah empat kali medali perak dan dua medali perunggu. Satu medali perak terakhir didapat skuad Garuda di SEA Games 2019 lalu di Filipina setelah takluk dari Vietnam di laga final.