PB ISSI akan Danai Atlet Sepeda yang Tak Masuk Program Anggaran Pemerintah untuk Penuhi Target SEA Games Hanoi
Atlet sepeda Indonesia (Foto: PB ISSI)

Bagikan:

JAKARTA – Induk cabang olahraga sepeda Indonesia (PB ISSI) mengumumkan akan mendanai atletnya yang tidak masuk anggaran program pemerintah. Ini dilakukan untuk mengejar target mereka di SEA Games Hanoi 2021.

Ketua Pembinaan Prestasi PB ISSI Budi Saputra mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti 12 event dan memaksimalkan kuota 15 atlet putra dan 15 atlet putri.

"Saya tahu tim dari Kemenpora dan Komite Olimpiade Indonesia akan memverifikasi target kami, tapi kami meminta izin dari komisi pembinaan olahraga untuk mendanai atlet kami yang tidak masuk ke dalam program pemerintah karena kami ingin memaksimalkan kuota atlet sebagaimana tercantum dalam buku pedoman teknis," kata Budi dalam keterangan yang diterima VOI.

PB ISSI sudah memasang target untuk SEA Games 2021. Induk cabang olahraga ini ingin membawa pulang tiga medali emas dari ajang dua tahunan itu.

Jika target itu terpenuhi maka melampaui pencapaian yang didapat di SEA Games edisi sebelum di Filipina pada 2019 lalu.

Pada edisi sebelumnya cabor sepeda menyumbang satu medali emas lewat Aiman Cahyadi pada individual time trial putra. Selain emas, Indonesia juga membawa pulang empat medali perak dan dua medali perunggu.

Ketika itu, Toni Syarifuddin dan Tiara Andini Prastika meraih perak pada time trial BMX putra dan downhill putri. Pada saat yang sama, Aiman ​​membantu Indonesia merebut dua medali perak lagi dalam time trial beregu putra dan start massal beregu.

Sementara itu, dua medali perunggu diraih Andy Prayoga di downhill putra dan Ayustina Delia Priatna di road race putri.

"Dua medali emas di downhill sepeda gunung dan satu emas di road race individual time trial putra. Kami meraih satu medali emas (di SEA Games 2019) di road race dari Aiman ​​Cahyadi. Jadi, kami ingin mengulanginya,” kata Budi pada akhir Desember lalu.

Kompetisi sepeda SEA Games Hanoi akan melombakan 12 nomor. Di antaranya sepeda gunung olympic cross country (putra, putri), mountain bike downhill (putra, women), mountain bike cross country estafet (campuran), road race criterium (pria, wanita), time trial individu road-race (pria, wanita), road-race individu mulai massal (pria, wanita), dan road-race tim mulai massal (wanita).

SEA Games Hanoi seharusnya digelar pada 2021 lalu, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19. Dalam jadwal baru ajang ini akan berlangsung pada 12 sampai 23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam.