Airbus Percaya Diri Mampu Produksi Pesawat Hidrogen 15 Tahun Mendatang
Ilustrasi armada pesawat terbang Airbus. (Wikimedia Commons/Dmitry A. Mottl)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen pesawat terbang raksasa asal Eropa, Airbus, percaya diri mampu membuat pesawat terbang bertenaga hidrogen dalam kurun waktu 15 tahun mendatang.

Kepala Eksekutif (CEO) Airbus Guillaume Faury mengatakan, tahun 2035 adalah perspektif yang adil dan realistis untuk pesawat yang akan beroperasi pada kurun waktu tersebut.

"Kita tidak perlu mengubah hukum fisika untuk menggunakan hidrogen. Hidrogen memiliki kerapatan energi tiga kali lipat dari minyak tanah (secara teknis) dibuat untuk penerbangan," jelasnya mengutip The National News 27 September.

Industri penerbangan merupakan salah satu penyumbang terbesar pemanasan global. Politisi dan aktivis telah mendorong industri untuk menggunakan kemerosotan dan rebound yang disebabkan oleh pandemi, sebagai pendorong untuk mengadopsi kebijakan perubahan iklim.

Di seluruh industri, perusahaan ingin mengurangi jejak karbon pesawat dan orang-orang yang terbang di dalamnya.

Sekitar 60 perusahaan di sektor penerbangan telah berjanji untuk meningkatkan pangsa bahan bakar penerbangan berkelanjutan di industri ini menjadi 10 persen pada tahun 2030.

Sebuah pesawat British Airways terbang dari London Heathrow ke Bandara Glasgow ditenagai langsung oleh bahan bakar penerbangan berkelanjutan untuk penerbangan emisi ultra-rendah.

Tetapi, visi Airbus untuk tenaga hidrogen, pertama kali dilaporkan oleh Financial Times, jauh lebih ambisius.

Berbicara di sebuah acara Airbus di Toulouse, Prancis, Faury mengatakan dukungan negara dan peraturan akan diperlukan untuk mewujudkan mimpi itu.

"Tantangan (dekarbonisasi) ini bukan hanya tentang pesawat terbang. Ini tentang memiliki bahan bakar yang tepat, hidrogen, pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat dan itu bukanlah sesuatu yang dapat dikelola oleh penerbangan sendiri," paparnya.

Komentarnya menunjukkan keyakinan Airbus yang meningkat bahwa tujuannya dapat dicapai meskipun ada tantangan teknis

Terpisah, Sabine Klauke, chief technical officer (CTO) Airbus menjelaskan beberapa kendala terkait penerbangan dengan hidrogen, termasuk hidrogen harus dicairkan dan disimpan pada -253°C.

Tangki berlapis ganda yang dibutuhkan untuk menampung zat tersebut berukuran empat kali lebih besar dari penyimpanan bahan bakar konvensional, katanya.

Sementara, aktivis perubahan iklim memperingatkan masalah terbesar adalah menangani penerbangan jarak menengah dan panjang, di mana 73 persen dari emisi industri berasal. Dan, tindakan itu diperlukan lebih cepat dari garis waktu hidrogen.

"Waktu adalah esensi dan solusi yang membutuhkan penggantian pesawat dan infrastruktur bandara senilai satu triliun dolar. Dengan teknologi yang tidak akan matang selama satu atau dua dekade, tidak akan membawa Anda ke sana," kata Alan Epstein, seorang profesor aeronautika. .

David Joffe, dari Komite Perubahan Iklim Inggris menambahkan, "Kami membutuhkan solusi lebih awal dari itu."