PM Bennett Rayakan Tahun Baru Yahudi Bersama IDF hingga Mossad, Sosok Calon Direktur Shin Bet Terungkap
PM Israel Naftali Bennett. (Wikimedia Commons/Mark Neyman/Government Press Office Israel)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Israel Naftali Bennett menyambangi markas tiga badan keamanan utama negara itu, untuk melakukan toast Rosh Hashanah atau bersulang di tahun baru Yahudi, Kamis waktu setempat.

Mengutip The Jerusalem Post 3 September, PM Bennett merayakan tahun baru Yahudi di markas militer Israel (IDF), Badan Keamanan Israel/Badan Kontraintelijen Israel Shin Bet, serta badan intelijen Israel Mossad.

Dalam perayaan ini, PM Bennet ditemani alngsung oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz, Kepala Staf IDF Letnan Jenderal Aviv Kochavi, Kepala Mossad David Barnea beserta sejumlah komandan senior Mossad, serta Direkut ShinBet Nadav Argaman dan wakilnya sekaligus calon direktur baru yang disebut 'Mr. R'

"Visi saya untuk Negara Israel adalah menjadi kuat dan berbuat baik. Atas nama Pemerintah Israel dan seluruh publik Israel, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak dan berharap Anda dan keluarga Anda mendapatkan tahun yang baik," kata Bennett kepada pejabat IDF, Mossad dan Shin Bet.

Yang menarik, sosok 'Mr. R' calon Direktur Shin Bet pilihan PM Bennett turut tampil dalam kesempatan ini. R dipersiapkan untuk menggantikan Argaman pada 14 Oktober mendatang.

'Mr.R' mengalahkan mantan wakil direktur Shin Bet sebelumnya yang juga berinisial 'R', serta Meir Ben-Shabbat, calon favorit Benjamin Netanyahu saat masih berkuasa.

Berusia 55 tahun, 'Mr.R' yang telah menikah dan memiliki tiga anak ini mengantongi gelar master dari Universitas Harvard.

'Mr.R' diketahui bertugas di Unit Pengintaian Staf Umum IDF, sama seperti PM Naftali Bennett yang merupakan juniornya di satuan tersebut, hal yang dipercaya beberapa pihak memengaruhi keputusan akhir.

Pada tahun 2011, R. diangkat sebagai kepala operasi Shin Bet. Kemudian, pada tahun 2016, ia dipromosikan menjadi kepala markas Shin Bet, pos No. 3, yang bertanggung jawab atas pembentukan kekuatan. Pada 2018, ia diangkat menjadi wakil direktur Shin Bet.

"Mr.R' adalah pejuang yang berani dan komandan yang sangat baik. Saya tidak ragu bahwa dia akan memimpin agensi tersebut ke puncak keunggulan baru demi keamanan Israel," puji Bennett. Unit yang dipimpin 'Mr.R' telah memeroleh banyak penghargaan keamanan selama bertahun-tahun.

Identitas R. akan dipublikasikan hanya setelah dia melewati tahap pemeriksaan dan persetujuan tambahan. Namun, biasanya pilihan perdana menteri untuk direktur Shin Bet, selalu mendapat persetujuan.

'Mr. R' dikatakan memiliki rekam jejak pengalaman yang luas, termasuk selain fungsi operasi dengan menjalankan peran No. 2 dan No.3 pada agensi yang membutuhkan eksposur yang luas ke semua cabang agensi. Namun, para kritikus mengatakan dia tidak memiliki ketajaman strategis Ben-Shabbat.