Gelar Pameran Senjata Pekan Depan, Turki Siap Pamerkan Kendaraan Anti-teror hingga Ranpur Pasukan Khusus 6X6
Ilustrasi kendaraa militer Rusia PARS. (Sumber: FNSS)

Bagikan:

JAKARTA - Kontraktor pertahanan Turki akan memajang beberapa produk mereka untuk pertama kalinya, di salah satu acara pertahanan global terbesar yang akan dibuka minggu depan.

Diadakan di kota metropolitan Istanbul, Pameran Industri Pertahanan Internasional (IDEF 2021) dijadwalkan berlangsung pada 17-20 Agustus di bawah naungan Kepresidenan Republik Turki berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan Nasional Turki, Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB) dan Yayasan Angkatan Bersenjata (TSKGV).

Mengutip Daily Sabah Rabu 11 Agustus, perusahaan Turki akan memamerkan berbagai produk pertahanan di berbagai bidang, termasuk kendaraan darat, senjata, simulator, radar, sonar, solusi platform angkatan laut, sistem penerbangan, rudal, kendaraan logistik, peralatan pasokan, dan sistem keamanan.

Di antara perusahaan tersebut, kontraktor terkemuka Katmerciler akan memamerkan dua kendaraan lapis baja barunya untuk pertama kalinya.

pars
Ilustrasi ranpur PARS. (Wikimedia Commons/Machloud)

Salah satunya adalah Eren, kendaraan perang kota taktis 4x4, yang dirancang sebagai kendaraan skala lebih kecil dari kendaraan lapis baja 4x4 taktis perusahaan Hızir. Eren dimaksudkan untuk menambah kekuatan pasukan keamanan dalam memerangi terorisme, terutama dalam operasi perkotaan.

Kendaraan ini terkenal karena kinerjanya yang tinggi di permukaan yang tertutup salju, kemampuan mendaki dan kemiringan samping yang unggul dan tinggi. Kendaraan ini memiliki siluet rendah, struktur bodi yang sempit dan pendek, serta radius belok pendek yang menjanjikan kemampuan manuver dan kinerja tinggi di area perumahan.

Kendaraan lapis baja dengan perlindungan balistik tinggi ini memberikan perlindungan yang kuat terhadap ranjau dan bahan peledak buatan tangan.

Seperti dalam penggunaan perkotaan, ia menawarkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan dalam kondisi 'off-road'. Kendaraan, yang dapat menembak target bergerak dan mengenai target bergerak dengan sistem senjata yang dikendalikan dari jarak jauh, memiliki sistem pelacakan target otomatis.

hizir
Ilustrasi Hizir. (Sumber: armyrecognition.com)

Bersama dengan Eren, Katmerciler juga akan memamerkan versi upgrade dari Hızır-nya, yang dijuluki sebagai kendaraan tempur (ranpur) paling kuat di segmennya.

Antara lain, pabrikan kendaraan tempur FNSS akan memamerkan Kendaraan Operasi Khusus PARS IV 6x6. Bagian dari proyek Kendaraan Pelindung Ranjau (MKKA), PARS IV 6x6 dikatakan memiliki tingkat proteksi tertinggi di kelasnya.

Dirancang sebagai kendaraan dengan perlindungan efektif terhadap perangkat peledak improvisasi (IED) dan dengan infrastruktur survivability, termasuk ranjau tinggi dan perlindungan balistik bersama dengan peralatan misi teknologi terbaru."

IDEF 2021 juga akan menyelenggarakan panel tentang berbagai topik seperti studi ruang angkasa, teknologi masa depan, dan transformasi digital. Tahun lalu, acara ini diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta dan dikunjungi oleh 76.000 profesional dari 71 negara.