Militer Turki mulai Terima Kendaraan Lapis Baja ARMA 8x8: Dilengkapi Sistem Deteksi Ranjau Modern
Kendaraan lapis baja Arma 8X8. (Sumber: Otokar)

Bagikan:

JAKARTA - Angkatan Bersenjata Turki (TSK) mulai menerima kendaraan lapis baja taktis beroda terbaru, ARMA 8x8 yang dibuat oleh raksasa pertahanan dalam negeri Otokar.

Kendaraan lapis baja ARMA diproduksi dalam konfigurasi 4x4, 6x6, 8x8x dan tracked yang berbeda-beda, untuk memenuhi kebutuhan medan tempur dengan tingkat perlindungan dan mobilitas yang tinggi.

Rangkaian kendaraan beroda ARMA Otokar secara aktif digunakan oleh sembilan pengguna berbeda yang tersebar di lima negara, termasuk Turki.

Versi 8x8 dari keluarga ARMA, bagian dari proyek Sistem Deteksi Ranjau Modern YENER yang dipimpin oleh raksasa pertahanan lainnya Aselsan, baru-baru ini dimasukkan ke dinas militer, melansir Daily Sabah dari Anadolu 20 Desember.

Kendaraan ini, yang diserahkan ke Komando Angkatan Darat, menjamin keselamatan personel pada tingkat tertinggi dengan mendeteksi, mendiagnosis, menandai bahan peledak dan ranjau buatan tangan dengan peralatan khusus.

Aselsan YENER, terintegrasi ke dalam kendaraan lapis baja, mengarahkan radar dan detektor logam yang dikendalikan oleh mekanisme di depan dan di samping, mencegah tindakan terhadap ranjau dan bahan peledak di rute tersebut.

YENER, dengan algoritme radar canggihnya, dapat mendeteksi berbagai jenis dan ukuran ancaman bahkan di jenis tanah berbeda, sehingga memberikan kontribusi signifikan bagi Angkatan Bersenjata Turki.

Untuk proyek ini, Otokar telah memproduksi kendaraan yang mempertahankan fitur-fitur unggulan ARMA 8x8 sekaligus memenuhi persyaratan tambahan yang menantang dengan lancar.

Diketahui, mengutip Army Recognition, ARMA 8x8 yang menggabungkan daya tembak dengan perlindungan balistik dan ranjau tingkat tinggi ini merupakan kendaraan modular, mampu dilengkapi dengan berbagai stasiun senjata, termasuk senapan mesin melingkar 12,7 mm, stasiun putar untuk senapan mesin 7,62 mm, atau peluncur granat 40 mm, serta peluncur rudal anti-tank. Ini juga dapat dilengkapi dengan sistem senjata kaliber 20/30 mm atau lebih berat 90/105/120 mm.

Perlengkapan ARMA 8x8 meliputi ramp door, kamera pandangan belakang, kamera depan termal, sistem AC/pemanas, sistem penerangan pemadaman listrik, dan perlengkapan radio. Ia juga dilengkapi dengan winch pemulihan mandiri, kit perlindungan NBC, perangkat run-flat, interkom, sistem navigasi GPS/INS, dan unit daya tambahan.

Berukuran panjang 7,82 m, lebar 2,7 m, dan tinggi 2,22 m, ARMA 8x8 dapat menampung 2 awak (pengemudi dan komandan) dan mengangkut hingga 10 personel tambahan. Kombinasi kemampuan ofensif dan defensif, serta kemampuan beradaptasi dan kenyamanannya, menjadikan ARMA 8x8 ideal untuk berbagai misi militer dan operasi penjaga perdamaian.