Bagikan:

JAKARTA - Turki mulai melakukan produksi massal tank tempur utama (MBT) Altay buatan dalam negeri, kata seorang pejabat tinggi pertahanan Hari Rabu.

"Kami telah memulai produksi massal tank nasional kami. Ada negara-negara yang ingin bekerja sama dengan kami dalam hal ini secara internasional, dan kami melanjutkan negosiasi dengan mereka," kata Kepala Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB) Haluk Görgün kepada penyiar publik TRT Haber, melansir Daily Sabah 30 Mei.

Tank Altay generasi baru, yang diproduksi oleh BMC Defence di bawah proyek SSB, telah ditingkatkan untuk memenuhi kondisi lingkungan tempur modern.

"Banyak subsistem telah dilokalkan, teknologi yang diperbarui, dan inovasi telah ditambahkan untuk meningkatkan kemampuan tempurnya," terang Görgün.

Mencerminkan pengalaman yang diperoleh dari operasi terkini Angkatan Bersenjata Turki (TSK), tank Altay telah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan.

"Teknologi digital semakin terintegrasi ke dalam Altay, memungkinkan deteksi, penargetan, dan penyerangan elemen musuh yang lebih tepat dan cepat," kata Görgün.

Sistem kendali tembakan tank Altay yang baru mencakup teknologi modern seperti laser range finder (LRF) dan sistem stabilisasi gambar canggih, yang memungkinkan deteksi dan penyerangan target yang tepat pada jarak jauh.

Görgün juga menekankan kekuatan Turki dalam kendaraan darat, dengan menyatakan: "Kami sangat kuat sebagai negara di bidang kendaraan darat. Kami memiliki banyak perusahaan yang mengekspor ke luar negeri. Semua produk mereka memiliki keunggulan yang dapat bersaing dengan rekan-rekan global mereka."

Dia melaporkan pengumuman pengadaan yang signifikan baru-baru ini dan menyebutkan ada akuisisi baru yang akan segera dilakukan. Dia menyoroti negara-negara NATO di Eropa telah memilih produk mereka, akan ada kemajuan baru dalam pengangkut personel dan kendaraan lapis baja.