Politikus Gerindra Habiburokhman Sesalkan Masuknya 34 TKA China saat PPKM Level 4
ILUSTRASI/ FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Habiburokhman, menyesalkan masuknya 34 tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Indonesia saat PPKM level 4 masih berlaku di Indonesia. 

Para TKA China tersebut lolos ke tanah air lantaran memegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan masuk via Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu, 7 Agustus.

Dia berharap pemerintah dapat menjelaskan secara utuh terkait dibolehkannya TKA China masuk Indonesia. Serta, semua aturan dapat ditegakkan sama rata oleh pemerintah.

"Setiap penegakan aturan harus disertai dengan penjelasan alasan yang terbuka," ujar Habiburokhman, Senin, 9 Agustus.

Sebelumnya, pemerintah memang sudah menjelaskan syarat WNA untuk masuk Indonesia sesuai Pemenkumham 27/2021 karena memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS). Namun, menurut Habiburokhman, pemerintah justru membuat masyarakat gagal paham.

"Terlepas dari adanya penjelasan itu, pemerintah gagal menjelaskan urgensi kedatangan mereka. Rakyat tidak paham pasal per pasal dari Permenkumham," jelasnya.

Politikus Gerindra itu menegaskan kehadiran TKA China pada masa PPKM Level 4 ini tentu sangat menciderai rasa keadilan. Terlebih, masyarakat yang sudah jenuh dengan aturan yang mengharuskan mereka di rumah saja.

Namun, secara bersamaan TKA China justru masih boleh datang demi menyukseskan program investasi asing yang dikawal Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan.

"Mereka merasa tidak adil di saat mereka dibatasi untuk bergerak, WNA China justru malah bisa masuk," jelas anak buah Prabowo Subianto ini.