Dipisahkan Karantina COVID-19, Dua Kura-kura Galapagos Jalani Kencan Pertama lewat <i>Video Call</i>
Kura-kura Galapagos Hugo. (Sumber: reptilepark.com.au)

Bagikan:

JAKARTA - Penguncian serta karantina akibat pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak tahun lalu, tidak hanya dirasakan oleh manusia saja. Dua kura-kura Galapagos yang dijodohkan jalani kencan pertama melalui layanan video call.

Bukan dongeng, kisah ini terjadi di Australian Reptile Park, Somersby, saat Hugo, kura-kura Galapagos jantan akan dijodohkan dengan betina bernama Estrella. Keduanya harus dipisahkan karantina, karena Estrella dari luar negeri.

Melansir Euronews 3 Agustus, Hugo si kura-kura Galapagos telah tinggal di Australian Reptile Park, Somersby, Australia sejak tahun 1963. Dan sekarang, pada usia 70 tahun, dia 'dijodohkan', sebut Australian Reptile Park.

Pasangannya, Estrella, bergabung dengan Australian Reptile Park dari Zoo Rostock di Jerman. Dia berusia 21 tahun tetapi, untuk spesies yang hidup lebih dari 100 tahun, sedikit perbedaan usia sepertinya bukan masalah besar.

Semula, Estrella dijadwalkan tiba pada awal 2020 dari Jerman. Tetapi ditunda hingga Juni 2021 karena pembatasan COVID-19.

Karena baru saja menjalani perjalanan panjang dan lintas negara, Estrella akan berada di karantina wajib hingga September, sehingga penjaga datang dengan ide untuk mengatur kencan pertama dengan Hugo melalui layanan video call.

"Dan kami benar, rupanya pada kencan virtual 'chemistry itu keluar dari grafik," sebut penjaga keduanya.

kura-kura galapagos
Kura-kura Galapagos Estrella. (Tangkapan Layar reptilepark.com.au)

Daniel Rumsey, kepala reptil di taman itu menambahkan, "Kami selalu ingin mendapatkan pacar Hugo untuk menggantikan batu 'khusus' yang dia miliki di kandangnya, dan ini adalah langkah besar menuju pertemuan mereka."

"Ini adalah salah satu momen terbaik yang pernah saya alami sebagai penjaga kebun binatang dan dalam hidup saya. Tidak akan lama sebelum dia diperkenalkan dengan superstar kita Hugo," tukasnya, mengutip eminetra.co.uk.

Sementara penjaga reptil Australian Reptile Park Jake Meenie mengatakan, tim ingin keduanya memiliki bayi bersama, meskipun pada usia yang berbeda. Penjaga reptil sangat senang Hugo dan teman barunya bisa rukun meski melalui tampilan digital.

"Hugo sejauh ini sendirian atau bersama orang-orang kami yang lain, dan dua dari mereka tidak dalam kondisi baik," katanya kepada Nine News.

"Hewan-hewan ini dapat hidup selama lebih dari 180 tahun, jadi semoga mereka akan jatuh cinta dan tetap bersama untuk waktu yang sangat lama," harapnya.

Untuk diketahui, kedatangan Estrela ini bagian dari upaya untuk mengembangbiakkan kura-kura raksasa Galapagos, yang jumlahnya saat ini dalam kondisi kritis.