Penularan COVID-19 Melonjak, Gedung Putih Wajibkan Pegawai Federal Kenakan Masker di Dalam Kantor
Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris mengenakan masker. (Wikimedia Commons/The White House)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mewajibkan seluruh pegawai federal untuk mengenakan masker di dalam gedung, tanpa terkecuali, untuk memerangi COVID-19 varian Delta yang sangat menular, sesuai rekomendasi otoritas kesehatan AS.

Mengutip Reuters Kamis 29 Juli, perintah untuk mengenakan masker ini dikeluarkan oleh Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih (OMB), Rabu waktu setempat. Gedung Putih mengatakan masker diperlukan di dalam ruangan di gedung federal untuk semua karyawan dan pengunjung, baik yang divaksinasi atau tidak, di area tersebut.

Langkah ini mengikuti panduan yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada Hari Selasa, jika orang yang divaksinasi tetap harus memakai masker di dalam ruangan di daerah dengan transmisi komunitas COVID-19 yang substansial atau tinggi.

Pada Hari Rabu, CDC mengatakan hampir 67 persen dari wilayah Amerika Serikat berada pada tingkat penularan yang substansial atau tinggi, naik dari 63,4 persen pada Hari Selasa.

Sebelumnya, Pemerintah Federal berlomba untuk menahan pandemi dengan harapan menghindari penutupan nasional di masa depan, karena varian Delta yang ganas dari virus corona merajalela di beberapa bagian Amerika Serikat, diperparah dengan keterlambatan imunisasi.

Seiring dengan rekomendasi CDC dan kebijakan Gedung Putih, Presiden Joe Biden diperkirakan akan mengumumkan mandat lebih lanjut untuk badan-badan federal pada hari Kamis waktu setempat.

Dalam email yang dikirim ke semua agen federal Selasa malam, Jason Miller, wakil direktur manajemen OMB mengatakan, sejalan dengan pedoman CDC, "di area transmisi komunitas yang substansial atau tinggi, agensi harus mewajibkan semua karyawan federal, kontraktor di tempat, dan pengunjung, terlepas dari status vaksinasi, untuk mengenakan masker di dalam gedung federal. Mulai hari ini, itu termasuk area Washington, DC."

Ia menambahkan, orang-orang yang tidak sepenuhnya divaksinasi juga harus untuk selalu menjaga jarak secara fisik, sesuai dengan instruksi CDC.

Terpisah, Departemen Pertahanan AS, Pentagon, mengatakan segera mewajibkan pengenaan masker wajah dalam ruangan di semua properti Departemen Pertahanan, terutama di daerah dengan tingkat transmisi yang besar atau tinggi.

Sein lalu, Pemerintahan Presiden Joe Biden pmengharuskan semua staf Urusan Veteran menerima vaksinasi, dan pada hari Rabu, Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan dalam sebuah unggahan di Twitter, seluruh 240.000 karyawannya, harus memakai masker di dalam ruangan dan jarak fisik, efektif segera dan terlepas dari vaksinasi.

Gedung Putih dan DPR AS sama-sama mengatakan telah mewajibkan orang yang divaksinasi, untuk mengenakan masker di dalam ruangan di gedung-gedung pemerintah. Sementara, Departemen Energi dan Departemen Dalam Negeri juga mengatakan mereka telah menerapkan kebijakan tersebut

Untuk diketahui, Presiden Biden pertama kali mengeluarkan perintah eksekutif pada Januari lalu, yang mewajibkan semua orang memakai masker di gedung-gedung federal. Kebijakan ini dilonggarkan pada Mei, ketika CDC mengatakan orang Amerika yang divaksinasi sepenuhnya tidak perlu memakai masker di sebagian besar pengaturan dalam ruangan.