Singapura Luncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung dan Ramah Lingkungan Terbesar di Dunia
Pembangkit listrik tenaga surya Tengeh di Singapura. (Sumber: Sembcorp.com)

Bagikan:

JAKARTA - Singapura meluncurkan salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di dunia, dengan luas area yang setara dengan 45 lapangan sepak bola, Rabu 14 Juli waktu setempat.

Dengan luas seperti itu, peternakan panel surya ini mampu menghasilkan listrik yang cukup, untuk memberikan daya pada lima pabrik pengolahan air di Negeri Singa tersebut.

Diberi nama 'Sembcorp Tengeh Floating Solar Farm', pembangkit listrik tenaga surya yang terletak di Waduk Tengeh ini, diresmikan secara langsung oleh PM Singapura Lee Hsien Loong, mengutip Sembcorp.com.

Proyek ini merupakan bagian dari upaya negara-kota di Asia Tenggara yang memiliki keterbatasan ini, untuk memenuhi tujuan melipatgandakan produksi energi surya pada tahun 2025, membantu mengatasi perubahan iklim, seperti mengutip Reuters 14 Juli.  

pembangkit listrik singapura
PM Singapura Lee Hsien Loong saat peresmian pembangkit listrik tenaga surya Tengeh. (Sumber: Sembcorp.com)

Terletak di reservoir di barat Singapura, pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik (PV) berkapasitas 60 megawatt ini adalah salah satu sistem pembangkit listrik surya terapung pedalaman terbesar di dunia.

Listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga surya akan cukup untuk menyalakan lima pabrik pengolahan air lokal Singapura, mengimbangi sekitar 7 persen dari kebutuhan energi tahunan PUB, mengurangi jejak karbon PUB. Ini setara dengan menyalakan sekitar 16.000 flat HDB empat kamar dan mengurangi emisi karbon sekitar 32 kiloton per tahun, sama dengan menghilangkan 7.000 mobil dari jalan. 

Berbeda dengan panel surya atap konvensional, yang mengambang berkinerja antara 5 persen hingga 15 persen lebih baik karena efek pendinginan air, dan tidak terpengaruh oleh naungan dari bangunan lain, menurut presentasi proyek tersebut.

Untuk menghilangkan kekhawatiran tentang dampak lingkungan dari proyek semacam itu, PUB mengatakan penilaian dilakukan sebelum memasang panel surya, untuk memastikan tidak ada dampak signifikan terhadap satwa liar atau kualitas air.

pembangkit listrik singapura
Pembangunan pembangkit listrik tenaga surya ini juga memerhatikan pelestarian lingkungan. (Sumber: Sembcorp.com)

"Pembangkit listrik tenaga surya ini dirancang dengan hati-hati untuk meningkatkan aliran udara,  memungkinkan sinar matahari melewati air (untuk mencapai kehidupan akuatik)," kata Jen Tan, kepala regional di Sembcorp Industries.

Mulai dibangun pada Agustus 2020 lalu ini, pembangkit listrik tenaga surya ini dirancang untuk bertahan selama 25 tahun. Drone akan digunakan untuk membantu proses pemeliharaan dengan teknologi pencitraan elektroluminesensi pada sistem PV skala utilitas.

Selain itu, pembangkit listrik tenaga surya ini dirancang dengan cermat untuk meminimalkan dampak pada kualitas air, flora, dan fauna waduk. Jarak yang cukup antara panel surya dimasukkan untuk meningkatkan aliran udara dan memungkinkan sinar matahari yang cukup untuk mencapai kehidupan akuatik. Aerator tambahan juga dipasang untuk menjaga kadar oksigen di reservoir.

"Dengan pembangkit listrik tenaga surya terapung ini, yang kami yakini sebagai salah satu yang terbesar di dunia, PUB mengambil langkah besar menuju keberlanjutan energi yang berkelanjutan dalam pengolahan air. Energi surya berlimpah, bersih dan hijau, dan merupakan kunci untuk mengurangi jejak karbon PUB dan juga Singapura," papar Chief Executive PUB Mr Ng Joo Hee.

Untuk diketahui, saai ini ada empat proyek pembangkit listrik tenaga surya terapung lainnya yang sedang berjalan di Singapura.