Hormati Juara Olimpiade, Jepang akan Pasang Kotak Surat Emas
Ilustrasi Olimpiade Tokyo 2020. (Wikimedia Commons/Tokyo-Good)

Bagikan:

JAKARTA - Jepang akan mengganti kotak surat merah dengan kotak emas di tempat-tempat yang terkait dengan juara Olimpiade Tokyo 2020 mendatang untuk menghormati pencapaian mereka, menurut pemerintah dan Japan Post Co.

Dengan kebijakan ini, nantinya setiap kali seorang atlet Jepang memenangkan medali emas di Olimpiade atau Paralimpiade, kotak surat akan diganti dengan kotak surat emas di lokasi yang terkait dengan mereka, seperti kampung halaman atau basis pelatihan, Sekretariat Kabinet dan unit layanan pos.

"Saya berharap, kami dapat memasang sebanyak mungkin (kotak surat emas) di seluruh Jepang," ujar Presiden dan CEO Japan Post Kazuhide Kinugawa mengatakan pada konferensi pers Senin 28 Juni seperti mengutip Kyodo News.

Nantinya, kotak surat emas akan menampilkan nama peraih medali, cabang olahraga dan kampung halaman dalam bahasa Jepang, Inggris dan Braille. Untuk olahraga tim, nama pelatih juga akan ditampilkan, menurut Japan Post.

kotak surat emas
Kotak surat emas di Leeds, Inggris. (Wikimedia Commons/Rich Tea)

Sebagai bentuk penghargaan negara atas prestasi yang diraih atlet, kotak surat akan diatur dengan persetujuan peraih medali dan tetap di tempatnya setelah pertandingan.

Apa yang hendak dilakukan Jepang kelak terhadap para peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, sudah pernah dilakukan oleh Inggris terhadap para peraih medali emas pesta olahraga multicabang empat tahunan ini.

Operator layanan pos Inggris Royal Mail Group mengecat ulang sekitar 110 kotak surat emas di seluruh negeri untuk menghormati juara di Olimpiade dan Paralimpiade London 2012.

Langkah ini mampu menarik penggemar olahraga dan wisatawan, menjadi kebanggaan warga lokal sekitar, di mana wilayah mereka memiliki atlet peraih medali emas Olimpiade.