Resmi Sudah <i>Esport</i> Jadi Cabang Olahraga Berprestasi
PBESI (Instagram @PBESI_official)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui esports sebagai sebuah cabang olahraga berprestasi di Indonesia. 

Pengakuan itu didapatkan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 secara virtual pada 25-27 Agustus 2020. Dalam rapat tersebut, ditetapkan bahwa esports diakui secara resmi sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia oleh Kemenpora dan KONI.

"Esports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya," kata Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo. 

Hal ini menandakan bahwa esports dapat diikutsertakan sebagai cabang olahraga resmi pada kompetisi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Bambang menambahkan, kelayakan esports sebagai olahraga prestasi juga berlandaskan fakta bahwa esports sudah banyak dipertandingkan baik dalam event nasional atau pun internasional, termasuk di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman mengatakan harapan pihaknya. "KONI mendukung penuh perkembangan esports di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB ESI, atlet dan tim esports Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa," kata Ade Lukman.

Hingga kini, beberapa tim asal Indonesia juga tercatat pernah menjuarai kompetisi tingkat dunia, antara lain EVOS Esports pada ajang M1 World Championship, dan Bigetron Esports yang menjuarai kompetisi PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019.