Bagikan:

JAKARTA – Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo membuat langkah penting dengan mempertandingkan cabang olahraha (cabor) esport.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa ini merupakan langkah bagus yang dibuat dalam ajang untuk atlet disabilitas paling bergengsi di level nasional tersebut.

"Di Asian Para Games, esport (juga) sudah mulai dipertandingkan. Jadi, ini adalah langkah penting untuk melihat bagaimana potensi esport ke depannya agar terus berkembang," kata Dito, dikutip situs Kemenpora.

Perlombaan esport di Peparnas edisi tahun ini mencakup dua game, yakni Mobile Legends dan E-Football.

Mobile Legends ditetapkan sebagai pertandingan ekshibisi, sedangkan e-Football hadir sebagai salah satu nomor yang dipertandingkan.

Dito menegaskan bahwa saat ini esport memiliki minat yang sangat tinggi. Selain itu, esport juga bukan lagi suatu cabang olahraga yang sulit disosialisasikan.

"Saya yakin teman-teman yang memiliki keterbatasan akan melihat bahwa esport bisa menjadi peluang untuk meraih prestasi dan membawa nama baik Merah-Putih," kata dia.

Peparnas sudah secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu, 6 Oktober 2024. Ajang ini akan berlangsung hingga Minggu, 13 Oktober 2024.

Total ada 20 cabang olahraga yang dipertandingkan di edisi tahun ini. Adapun jumlah atlet yang berpartisipasi mencapai empat ribu lebih, yang mewakili 35 provinsi.