Bagikan:

JAKARTA – Pelajar dan masyarakat umum di kota Solo dan sekitarnya mendapat akses gratis untuk menonton Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024.

Peparnas 2024 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu, 6 Oktober 2024.

Ketua Bidang Arena PB Peparnas XVII Solo 2024, Rini Kusumandari, membenarkan bahwa pihak penyelenggara sudah berkomunikasi dengan Pemeritah Daerah (Pemda) setempat terkait tiket gratis buat pelajar dan masyarakat.

"Masih kami sosialisasikan terus. Semoga pelajar dan masyarakat umum dapat menonton langsung pertandingan Peparnas ini," ujar Rini dalam keterangan yang diterima.

Akses gratis tersebut berlaku untuk semua total 22 venue pertandingan. Venue-venue itu tersebar di empat daerah, yakni Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Boyolali.

Rini mengatakan bahwa alokasi penonton untuk pelajar dan masyarakat umum belum bisa dipastikan jumlahnya. Sejauh ini penyelenggara baru hanya memberikan surat edaran bagi Pemda setempat.

"Jadi, sifatnya baru imbauan, tetapi kami akan koordinasi dengan Disdik (Dinas Pendidikan) kira-kira bisa berapa jumlah penonton per venue," ujar dia.

Peparnas 2024 tercatat diikuti sebanyak 4.632 atlet dan ofisial dari 35 kontingen. Total ada 20 cabang olahraga dilombakan di ajang ini.