Bagikan:

JAKARTA – Dmitry Bivol dan Artur Beterbiev akan bersaing untuk menjadi juara sejati kelas berat ringan yang pertama setelah 25 tahun. Kedua petinju Rusia tersebut bakal berlaga di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi pada 12 Oktober mendatang.

Petinju terakhir yang menjadi juara sejati kelas berat ringan (79) adalah Roy Jones Jr. Itu terjadi pada 1999, atau 25 tahun lalu. Setelah itu belum ada lagi petinju di kelas berat ringan yang menguasai sabuk juara milik empat badan tinju utama dunia: WBA, WBC, IBF, dan WBO.

Bivol (33 tahun) saat ini memegang sabuk versi WBA, sementara Beterbiev (39 tahun) menguasai sabuk juara dari badan tinju WBC, IBF, dan WBO. Keduanya petinju tak terkalahkan. Bivol memiliki rekor 23-0-0 (12 KO), sedangkan Baterbiev lebih sangar semua kemenangannya yang berjumlah 20 diperoleh lewat KO/TKO.

“Sejujurnya, ini akan menjadi pertarungan terberat saya. Alasannya, dia sangat kuat. Artur seperti batu, baik pukulan maupun daya tahannya. Saya tahu dia jauh lebih kuat ketimbang Canelo Alvarez,” kata Bivol kepada DAZN.

“Namun bagaimana pun juga dia manusia, pasti ada kelemahannya. Kelemahan itu yang akan saya manfaatkan secara maksimal untuk mengalahkan Artur,” kata Bivol lagi.

Sementara itu pelatih Beterbiev, John Scully mengatakan bahwa petinjunya dalam kondisi sangat siap.

“Persiapan dan kondisi fisik Artur luar biasa. Disiplinnya sangat tinggi. Dia tidur selalu tepat waktu, tidak sembarangan makan, pokoknya dia tidak pernah menyia-nyiakan tubuhnya untuk hal-hal yang tidak berguna. Sebab itu Artur masih sangat prima di usia yang oleh kebanyakan orang dinilai sudah uzur untuk bertinju,” kata Scully.

Siapakah yang berhasil menyamai prestasi Roy Jones Jr yang sudah bertahan 25 tahun, Dmitry Bivol atau Artur Beterbiev?