Mau Tanding Lawan Dimitri Bivol? Artur Beterbiev Harus Lewati Callum Smith Lebih Dulu
Juara dunia tinju WBC, Artur Beterbiev. (Foto: Instagram/@arturbeterbiev)

Bagikan:

JAKARTA — Presiden WBC Mauricio Sulaiman memastikan juara kelas berat ringan IBF/WBC/ WBO Artur Beterbiev tak akan menghadapi juara WBA Dmitry Bivol dalam waktu dekat.

Pasalnya, Beterbiev diperintahkan untuk mempertahankan gelar melawan penantang wajibnya dari WBC Callum Smith.

"Pada saat ini, saya tegaskan, belum ada permohonan [dari Dmitry Bivol]. Bagi kami, pertarungan berikutnya adalah duel wajib," kata Sulaiman kepada Izquierdazo mengenai Beterbiev yang harus menghadapi Smith, dilansir Boxing News24.

"Ya, tentu saja [ia adalah petarung yang unggul dalam hal pukulan]. Callum Smith adalah petarung yang luar biasa. Satu-satunya kekalahannya adalah keputusan mutlak dari Canelo. Jadi, pertarungan wajib antara Artur dan Callum akan sangat penting," tambah dia.

Bivol tidak memenuhi syarat untuk melawan Beterbiev karena Dewan Tinju Dunia (WBC) mengeluarkan larangan. 

Namun, Beterbiev bisa mewujudkan itu jika rela mengosongkan gelar WBC.

Namun, karena Beterbiev dan Bivol tertarik untuk memperebutkan gelar juara dunia yang tak terbantahkan di kelas 175, melepaskan sabuk WBC bukanlah sebuah pilihan yang bagus.

"Bivol belum mendekati WBC [untuk meminta pengecualian]. Dalam konvensi terakhir kami, kami sangat jelas terkait posisi kami dalam kaitannya dengan petarung dari Rusia dan Belarusia dan itulah yang terjadi dengan Bivol," kata Sulaiman.

Keputusan WBC untuk menghalangi Bivol bertarung melawan Beterbiev otomatis membuat promotor Callum, Eddie Hearn, senang. Ini karena pertarungan itulah yang ia inginkan.

Hearn juga sebenarnya dapat dengan mudah mengajukan petisi kepada WBC untuk mengizinkan Bivol bertarung melawan Beterbiev demi sabuk juara mereka. Namun, ia tidak akan melakukan hal tersebut karena ia punya rencana lain.

Hearn sendiri diketahui sangat ingin kliennya menantang Beterbiev yang dipromosikan Top Rank untuk memperebutkan sabuk WBC. Jika Callum, yang merupakan mantan juara kelas menengah super WBA, mengalahkan Beterbiev, itu membuat Hearn kian girang.

Pasalnya, kemenangan otomatis mengantar Callum menghadapi Bivol untuk memperebutkan gelar yang tak terbantahkan.

Hearn yang juga mempromosikan Bivol, berencana untuk mempertahankan Bivol di perusahaannya. Itu karena ia ingin mempertemukannya dengan petinju Joshua Buatsi pada bulan April, menyusul Canelo Alvarez pada September nanti.